Anak Medan, Irjen Panca Simanjuntak Ditunjuk Jadi Kapolda Sumut

News

by Patiar Manurung

Anak Medan, Irjen Panca Simanjuntak  Ditunjuk Jadi Kapolda Sumut

Jakarta, Kabarnas.com - Resmi menjabat Kapolri, untuk pertama kalinya Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan perombakan jabatan dengan memutasi sebanyak 25 perwira tinggi dan perwira menengah.

Nama Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin turut tercantum dimutasi dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/318/II/KEP/2021 tertanggal 18 Februari 2021, yang ditandatangani As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tersebut.

Irjen Martuani Sormin dipindahtugaskan sebagai Koorsahli dan penggantinyaan Irjen Panca Putra Simanjuntak. Irjen Panca P Simanjuntak sebelumnya Kapolda Sulut.

Dua jendral mantan Kapolda Sumut juga mendapat jabatan baru, yaitu Irjen Paulus Waterpau sebagai Kabaintelkam Polri dan Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim Polri.

Irjen Panca P Simanjuntak terbilang pulang kampung ke daerah asal kelahiran, yaitu Medan. Dan jabatan sebagaj Kapolda Sumut menambah daftar Kepercayaan Polri pada diri.

Pria kelahiran tahun 1969 atau yang sudah berusia 52 tahun tersebut merupakan lulusan Akpol tahun 1990 dan dulu sudah dipercaya menduduki jabatan sebagai

Kapolres Banyumas

Kapolres Tegal (2010)

Wadirreskrimsus Polda Jateng (2011)

Dirreskrimsus Polda Kalteng (2012)

Dosen Utama STIK Lemdikpol (2013)

Wadirtipidum Bareskrim Polri (2017)

Direktur Penyidikan KPK (2018)

Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2020)

Kapolda Sulawesi Utara (2020)