Antisipasi Demo Kenaikan Harga BBM, Polres Tapteng Gelar Simulasi

By Redaksi - Saturday, 10 September 2022
Foto
Foto

Tapteng - Polres Tapanuli Tengah melaksanakan kegiatan simulasi latihan penanganan demo atau unjuk rasa dalam kenaikan Bahan Bakar Minyak di Lapangan Polres Tapteng Pandan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Tapteng AKBP Jimmy Christian Samma, S.I.K dan Wakapolres AKBP Rokhmat, SH, MH selaku instruktur Simulasi Dalmas.

Turut juga dihadiri oleh Kadis Perhubungan Tapteng, Kabag Ops AKP Ricardo Siahaan, SH, MH, Kasat Intelkam AKP Jonel Situmorang, Kasat Samapta AKP Tohap Sibuea, SE dan Para PJU Polres.

Waka Polres Tapteng Kompol Rokhmat, SH, MH menjelaskan latar belakang dilakukannya Simulasi ini adalah dimana pada saat diumumkannya penyesuaian harga BBM oleh Pemerintah pada hari Jumat tanggal 2 September 2022 pukul 14.30 WIB membuat resah masyarakat pengguna transportasi pekerja buruh maupun masyarakat lain yang berdampak adanya kenaikan BBM.

"Keresahan masyarakat ditandai dengan adanya aksi mogok jasa transportasi.Dan di hari kedua penyesuaian harga BBM, kegiatan tersebut akan ditindaklanjuti dengan rencana melakukan unjuk rasa menuntut untuk dikembalikan harga BBM seperti semula dikarenakan akan menyengsarakan rakyat," Ujar Rokhmat.

Dia juga menyampaikan tidak tertutup kemungkinan pada saat pelaksanaan Unjuk Rasa akan terjadi rusuh massal yang akan berakibat dari buruk untuk kestabilan ekonomi di wilayah hukum Polres Tapteng.

Skenario latihan diangkat dari situasi tahapan - tahapan Tindakan sesuai Perkap Nomor 16 Tahun 2006 tentang Dalmas dan Perkap 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian.

Dalam Skenario Latihan Penanganan UNRAS dalam Rangka Kenaikan BBM Polres Tapanuli Tengah Tahun - 2022 ditampilkan kerusuhan masyarakat pedemonstrasi hingga bakar ban serta pendorongan massa menggunakan watercanon AWC.

"Saat simulasi ini pada kegiatan ini, kita melibatkan 200 Personil Polres Tapteng dan Polsek Jajaran sebagai bentuk latihan dan pengingat ke depan bagaimana cara dan SOP pengendalian massa di lapangan,"bebernya.

Usai Simulasi Dalmas Kapolres Tapanuli Tengah memberikan Apresiasi dan Terimakasih atas pelaksanaan latihan, semoga Latihan ini dapat menambah ilmu dan mempererat jiwa kebersamaan di lapangan dalam melaksanakan tugas pengendalian massa.

"Kita berharap semoga di Tapteng tidak ada unjuk rasa dan situasi tetap kondusif" Ucap Kapolres.(Jobbinson Purba)

Kategori