Api di Rumah Dekat Harungguan Bolon Hebohkan Warga Pamatang

News

by Patiar Manurung

Api di Rumah Dekat Harungguan Bolon Hebohkan Warga Pamatang

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Satu unit rumah yang ada di Jalan Pamatang, tepat di samping Harungguan Bolon, Sangnaualuh Damanik, Kelurahan Simalungun, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar nyaris terbakar setelah instalasi listrik korsleting dan menyebabkan api, Selasa (30/3/2021) sekitar pukul 11.30 WIB.

Beruntung api dapat dipadamkan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pematangsiantar dengan cepat. Mereka naik ke gedung warna kuning yang menjadi sumber api, yaitu lantai II. Namun, dalam peristiwa ini sekitar 4 unit mobil damkar sempat diturunkan.

Kejadian ini sempat membuat pemilik rumah, Samintan Purba histeris dan syok mengingat api yang muncul secara tiba. Sejumlah tetangga korban langsung mencoba menenangkan Saminta Purba, termasuk mendoakannya serta menaburkan beras di atas kepalanya. Namun berulangkali korban tetap menangis dihadapan banyak orang.

Menurut warga di sana, saat api muncul, Samintan Purba sedang menyuci pakaian. Sementara salah satu cucunya sedang bermain. Dan api sendiri diketahui oleh warga yang sedang beraktivitas di sana. 

Awalnya, warga melihat asap hitam keluar dari lantai II, kemudian berteriak sehingga warga di sana mencoba memberitahukan pada pemiliknya. "Api karena korsleting. Tadi (korban) lagi nyuci," ucap salah seorang warga.

Suasana di sekitar daerah tersebut sontak heboh dan warga sempat sangat resah dan kuatir karena tidak sedikit rumah di sana berdiri secara berentetan.