Awas! Jalan Nasional Sibabangun Tapteng Dikerok Mengancam Nyawa

News

by Patiar Manurung

Awas! Jalan Nasional Sibabangun Tapteng Dikerok Mengancam Nyawa
Foto

Tapteng - Pengguna jalan wajib berhati-hati bila melintasi Jalan Sibolga-Padang Sidempuan, tepatnya di Kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng). Banyak lobang karena dikerok berukuran cukup besar menganga di badan jalan.

Lobang menganga yang tercipta merupakan korekan dari proyek preservasi jalan nasional yang sedang dikerjakan. Anehnya, lubang bekas urukan dibiarkan menganga dalam jangka waktu yang cukup lama. Proses penambalan (patching) hingga saat ini belum juga dilakukan.

Kondisi tersebut cukup berbahaya terutama bagi pengendara roda dua. Apalagi bila malam, kondisi gelap membuat lubang tak begitu terlihat. Pelaksana proyek juga tidak memberi tanda atau rambu peringatan pada jalan yang berlobang.

"Sekitar 5 hari setelah dikeruk," ujar Lubis, warga Lingkungan II Kelurahan Sibabangun, Senin (8/8/2022).

Ia memaparkan, proyek preservasi jalan lintas Sibolga-Sidempuan, di Kelurahan Sibabangun, sangat membahayakan para pengguna jalan. Pada lokasi pengerjaan patching, rambu-rambu peringatan tidak ada. Kondisi ini diperparah dengan pembiaran lubang tetap menganga berhari-hari.

“Sangat membahayakan para pengguna jalan, terutama di malam hari. Lubang banyak, rambu peringatan tidak ada,” ujar Amran.

Menurutnya, jika kondisi tersebut terus dibiarkan, korban-korban berikutnya akan menyusul, terutama bagi pelintas yang menggunakan sepeda motor. (Jobinson Purba)