Ayo Jadi Peserta JKN-KIS, Biaya Sakit Maag Ditanggung

By Redaksi - Tuesday, 10 August 2021

Pematangsiantar - Maag adalah penyakit yang sering terjadi pada semua orang tanpa memandang usia. Penyakit ini disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, pengaruh konsumsi obat-obatan tertentu, pola tidur yang tidak teratur dan stres. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Salah seorang yang mengalami sakit maag itu adalah Hirimonta Tambun (68). Pensiunan PNS ini yang harus menghabiskan beberapa waktu di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sebelum dirujuk ke rumah sakit, ia merasakan nyeri pada bagian dada, perutnya terasa kembung, dan mual serta beberapa kali muntah.

“Pada hari itu perut saya rasanya tidak enak sekali. Saya tidak dapat mengkonsumsi makanan apapun karena semua makanan yang masuk ke dalam perut akan saya muntahkan kembali,” ujar Hirimonta saat dijumpai di salah satu rumah sakit rujukan BPJS Kesehatan yang ada di Kota Pematangsiantar, Senin (9/8/2021).

Hirimonta Tambun menuturkan, sebelum masuk rumah sakit, terlebih dahulu berobat ke Puskesmas untuk diperiksa. Setelah diperiksa, dokter memberitahu bahwa dirinya terkena penyakit maag dan harus segara dirujuk. Dan setelah beberapa hari menjalani rawat inap, kondisi kesehatannya semakin membaik.

"Saya sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Sejak bapak pensiun, kami sudah terdaftar sebagai peserta PT Askes. Setelah berubah menjadi BPJS Kesehatan maka kartu kami menjadi kartu JKN-KIS. Kartu JKN-KIS yang sekarang ini menjadikan semua pembiayaan untuk pengobatan saya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan, ditambah lagi sangat mempermudah saya sewaktu dirujuk,” terangnya. 

Hirimonta juga menjelaskan bahwa pelayanan yang ia dapatkan dari pihak rumah sakit terutama dari tim medis seperti dokter maupun perawat sangat baik, tidak ada sedikit pun perbedaan pelayanan antara pasien yang merupakan peserta JKN-KIS dan pasien umum.

“Saya puas dengan pelayanan di rumah sakit. Dari awal saya dirujuk sampai dengan sekarang ini tidak pernah ada keluhan,” ungkap Hirimonta.

Hirimonta Tambun juga mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS dan rutin membayar iuran agar dapat merasakan manfaat dari Program JKN-KIS seperti yang dirinya rasakan.

“Ayo segera daftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS, karena sakit tidak mengenal usia. Rutinlah juga untuk membayar iuran karena iuran yang dibayarkan tidak sebanding dengan manfaat yang akan kita terima,” imbau Hirimonta.

Tak lupa juga, Hirimonta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan BPJS Kesehatan atas Program JKN-KIS.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan Pemerintah atas hadirnya Program JKN-KIS. Saya pribadi sangat puas dengan program ini, benar-benar sangat bermanfaat dan membantu rakyat,” tutupnya.