Banjir Meresahkan, Prayogi Sinaga Tinjau Tanggul Sungai

By Redaksi - Monday, 21 December 2020

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Ketua Komisi I DPRD Kota Pematangsiantar, Andika Prayogi Sinaga meninjau Sungai Bah Balon tepatnya yang ada di sekitaran Jalan Simbolon, Gang Setia, Kelurahan Teladan, Kecamatan Siantar Barat, dengan melibatkan Camat Siantar Barat Arri Sembiring, Kabid Rehahablitasi dan Rekontruksi BPBD, Irwansyah Saragih, Senin (21/12/2020).

Apa yang dilakukan politisi Hanura tersebut merupakan tindak lanjut dari keluhan warga yang kerap mengalami banjir setiap debit sungai tinggi. Di lokasi itu, kepada Prayogi Sinaga yang didengarkan pejabat Pemko Pematangsiantar, warga mengaku bahwa air sungai meluap mencapai 1 meter lebih ke permukiman.

Akibat banjir itu, warga kerap mengalami kerugian, dimana hewan peliharaan berupa ayam mati. Kemudian warga mengalami sakit. Dan salah satu cara mengatasi itu, warga meminta pembangunan tanggul sungai yang selama ini gantung dikerjakan. "Kita mengharapkan tanggul yang gantung sekitar 15 - 20 meter dituntaskan," kata Kanter salah satu warga.

Kanter bersama warga lainnya mengaku bahwa akibat tanggul yang tidak tuntas itulah penyebab air masuk ke perumahan warga. "Kalau sudah masuk air, yang bikin masalah lagi adalah lumpur dan sampah. Setelah itu datanglah penyakit karena uap yang dihasilkan sampah itu juga bau," ucapnya dengan menambahkan bahwa tanggul yang tidak tuntas itu merupakan proyek Provinsi.

Menanggapi keluhan itu, Camat Siantar Barat Arri Sembiring didampingi Lurah Teladan Rumei Purba memgaku bahwa jalan satu-satunya adalah pembangunan tanggul. "Yang sangat diperlukan adalah melanjutkan pembangunan tanggul sekitar 100 meter dan membuat pintu air. Anggaran akan diusulkan ke BPBD," jelasnya.

Sementara Kabid Rehahablitasi dan Rekontruksi BPBD, Irwansyah Saragih mengaku akan memperhatikan pembangunan jika sudah ada anggaran. "Yang bisa kita usahakan anggaran ke sini dari Dana Tidak Terduga (DTT) untuk tahun 2021," jelasnya.

Namun ia berharap agar DPRD turut membantu untuk pengajuan pengalokasikan anggaran. "Mana yang mengancam warga itulah kita dahulukan. Nanti akan disurvei lagi. Taksiran anggaran belum tahu kita, tergantung jenis pekerjaan yang akan dilakukan," kata Irwansyah Saragih menutup.

Dalam kunjugan itu, Prayogi Sinaga tidak lupa menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Camat, Lurah dan Kabid BPBD. "Terimakasih untuk bapak ibu sekalian. Saya hanya mewakili aspirasi warga karena itulah fungsi saya menjadi anggota DPRD," ucapnya dengan berjanji akan berusaha agar anggaran dapat dialokasikan untuk pembangunan tanggul tersebut.