Banjir Meresahkan, Warga Panei Tongah Usulkan Solusi ke MPR RI

News

by Patiar Manurung

Banjir Meresahkan, Warga Panei Tongah Usulkan Solusi ke MPR RI

Simalungun, Kabarnas.com - Masyarakat yang tinggal di sekitar Jalan Raya Saribudolok, Panei Tongah atau tidak jauh dari Polsek Panei menyampaikan usulan penanggulangan banjir kepada Drs Djarot Saiful Hidayat selaku Ketua Badan Pengkajian MPR RI, Rabu (21/4/2021).

Usulan ini disampaikan lewat Forum Komunikasi Panei Tongah yang diketuai Wilman Siallagan, Ketua Harian Winron Sinaga SE, Sekretaris Saut Siregar, Bendahara Lusi Tampubolon dan penasehat Mayor CPM Bison Simbolon SH MH, DR Robert Tua Siregar MSi.

Robert Tua Siregar didampingi Hendri Siregar (Putra asal Panei Tongah yang tinggal di Medan) yang langsung menyerahkan usulan itu menjelaskan, kondisi hulu yang mengakibatkan banjir merusak areal persawahan, pemukiman penduduk dan jalan primer Siantar - Pematang Raya.

"Tiap hujan turun dengan intensitas sedang dan dengan waktu hanya puluhan menit, air dari lahan PTPN IV Marjandi langsung mengalir ke jalan raya sekaligus masuk ke rumah-rumah warga. Hal meresahkan ini sudah terjadi bertahun-tahun terjadi," kata Robert Tua Siregar.

Tiap kali banjir datang, jalan raya seketika berubah seperti sungai dan dipastikan pengendara kesulitan melintas. Tidak jarang pengemudi sepeda motor jatuh terbawa arus karena ketinggian air mencapai 30-50 Cm.

Dosen Sultan Agung ini menekankan bahwa rencana pembuatan embung di lahan PTPN IV Marjandi merupakan solusi karena mampu menampung debit air dan bisa mensuplai rigasi persawahan sekitar 5.000 ha yang tidak jauh dari sana.

"Kita menyerahkan usulan penanggulangan banjir kepada Bapak Drs Djarot Saiful selaku Ketua Badan Pengkajin MPR RI dan Anggota DPR RI PDIP dari Dapil Sumut III di kantor PDIP Sumut bersama Dr Sutarto MSi Sekretaris PDIP Sumut dan Anggota DPRD Sumut. Harapan kita tentunya segera mungkin ada pembangunan," terangnya.