Berkat BPJS Kesehatan Biaya Medis Teratasi, Wagiman Bersyukur

By Redaksi - Monday, 31 May 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Sejak pemerintah memberikan kemudahan untuk memperoleh kesehatan lewat Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ditangani BPJS Kesehatan, masyarakat tak lupa menyampaikan rasa terimakasih.

Wagiman (59) salah seorang warga Simalungun juga termasuk salah satu keluarga Indonesia yang merasakan manfaat program pemerintah ini. Infeksi paru yang dialaminya sehingga memaksanya masuk rumah sakit dapat dihadapi dengan baik karena BPJS Kesehatan.

“Besar sekali jasa BPJS Kesehatan dalam membantu meringankan beban biaya keluarga saya. Saya baru saja dirawat kurang lebih selama seminggu karena penyakit infeksi paru yang saya alami. Kalau saja harus membayar pribadi tentunya tidak sedikit dana yang dibutuhkan untuk membayar seluruh biaya perawatan saya selama seminggu,” ujar Wagiman.

Wagiman mengaku pelayanan yang dirinya terima selama menjalani perawatan di RS Tiara Pematangsiantar sudah baik. Kenyamanan dan pelayanan para tenaga medis rumah sakit juga dinilai sangat memuaskan. Semua pasien mendapatkan pelayanan yang sama baiknya, baik itu peserta JKN-KIS maupun pasien umum tetap diperlakukan sama.

“Saya puas saat dilayani dengan baik oleh dokter maupun petugas-petugas medis lainnya. Yang penting itu jika telah mengikuti prosedur pelayanan, baik di FKTP maupun di rumah sakit pasti pelayanannya juga lancar,” ungkap Wagiman.

Wagiman mengatakan, sudah saatnya masyarakat bersyukur dengan adanya program pemerintah ini. Menurutnya, jika menderita suatu penyakit tidak perlu repot mencari dana untuk berobat. Hanya dengan menunjukkan kartu JKN-KIS dan mengikuti prosedurnya saja, biaya berobat menjadi gratis.

“Dulu jika ada keluarga yang sakit kita menjadi bingung, harta benda apa yang harus dijual untuk membayar biaya berobat. Tetapi sekarang dengan menjadi peserta JKN-KIS, tidak ada lagi pikiran menjual harta benda untuk biaya berobat,” ucap pria yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani ini.

Wagiman berharap, ke depannya masyarakat semakin sadar akan pentingnya memiliki kartu JKN-KIS ini, karena dapat menjaga kestabilan ekonomi keluarga. Ia juga mengharapkan agar masyarakat mendukung juga program ini dengan cara rutin membayar iuran sehingga keberlangsungan dari Program JKN-KIS tetap terjaga.

Wagiman didampingi oleh sang istri dan anaknya menjelaskan secara detail bahwa dirinya merasa sangat bersyukur pemerintah telah sangat memperhatikan rakyat khususnya di bidang kesehatan dengan adanya Program JKN-KIS sejak 1 Januari 2014.

Kategori