BPJS Kesehatan Pematangsiantar Bantu Tambah Stok Darah PMI

By Redaksi - Tuesday, 31 August 2021

Pematangsiantar - BPJS Kesehatan Cabang Kota Pematangsiantar menggelar donor darah, Kamis (26/8/2021). Kegiatan ini digelar atas kerja sama dengan UTD PMI Pematangsiantar. 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar Kiki Chistmar Marbun mengatakan bahwa donor darah digelar merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan yang ke 53.

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pegawai BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar untuk berkontribusi dalam mendukung program pemerintah pada masa pandemi Covid-19 dengan cara membantu menambah stok darah di PMI.

Donor darah ini, kata Kiki Chistmar, merupakan wujud nyata peran aktif seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Pematang Siantar dalam mendukung pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat dalam bingkai program JKN-KIS apalagi pada saat Covid-19.

"Selain dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh jika seseorang rutin melakukan donor darah, seperti terjaganya kesehatan jantung serta aliran darah menjadi lebih lancar, " ujarnya.

Terpisah, Kepala UTD PMI Kota Pematangsiantar Abadi Sinaga menjelaskan situasi terkait kebutuhan darah di Kota Pematangsiantar terutama di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini PMI Kota Pematangsiantar sangat membutuhkan pendonor darah mengingat kebutuhan kantong darah sangat terbatas. Kemudian, pada masa Covid-19 banyak yang membutuhkan kantong darah sementara masyarakat kurang berminat untuk mendonorkan darahnya,” ungkapnya.

Darwis Boy Sinaga salah satu pendonor darah pada kegiatan tersebut terlihat sangat antusias untuk melakukan donor darah. Darwis menyampaikan beberapa manfaat yang dirasakan saat dirinya mendonorkan darah.

“Pertama, kegiatan donor darah ini sangat sangat berguna untuk kesehatan diri kita sendiri dan memberikan dampak positif bagi tubuh kita. Kedua, kegiatan ini merupakan kegiatan sosial yang sangat mulia karena dengan mendonorkan darah, kita dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Jadi dengan mendonorkan darah kita sudah memberikan banyak harapan bagi orang lain,” ujar Darwis.