Bupati Simalungun Janji Merenovasi Gedung Juang 45

By Redaksi - Wednesday, 01 June 2022
Foto istimewa
Foto istimewa

Pematangsiantar - Bangunan Gedung Juang 45 yang ada di Jalan Merdeka, Kota Pematangsiantar menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun setelah sempat nyaris terbakar, Kamis, 25 Mei 2022.

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berjanji akan merenovasi/ perbaikan terhadap Gedung Juang '45 agar lebih indah dan menarik namun tidak meninggalkan nilai-nilai perjuangan yang ada di gedung tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat melakukan gotong royong bersama TNI dan ASN Pemkab Simalungun, Sumut, Selasa (31/5/2022).

Menurut Bupati, gedung juang tersebut sebagai bukti sejarah perjuangan bangsa Indonesia, yang dapat dikemas sebagai salah satu destinasi wisata Kabupaten Simalungun.

"Untuk itu, bagaimana kita mengemasnya agar menjadi salah satu icon Pariwisata Kabupaten Simalungun, tentu kita harus menjaga dan merawat dengan baik gedung ini agar tetap terlihat indah dan manarik, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai perjuangan yang ada di gedung ini,"pungkas Bupati.

Sebagaimana diketahui bahwa lokasinya Gedung Juang '45 berada Jalan Merdeka Kota Pematangsiantar yang tidak jauh dari Balaikota Siantar. "Paling hanya sekitar 50 meter jaraknya dari Balaikota,"pungkas Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menghimbau masyarakat khususnya generasi untuk sama-sama menjaga gedung Juang tersebut sebagai bukti sejarah perjuangan yang dilakukan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Mari sama-sama kita jaga gedung ini dengan tidak melakukan hal-hal yang merusak nilai sejarah bangsa ini. Kegiatan gotong royong juga ini sebagai salah satu upaya kita untuk menjaga dan merawat gedung ini,"tandas Bupati.