Covid-19 Varian Delta Masuk Sumut Sejak 18 ABK Tiba di Belawan

By Redaksi - Tuesday, 20 July 2021

Medan, Kabarnas.com - Virus corona varian Delta dipastikan telah masuk ke Provinsi Sumatera Utara. Virus ini dideteksi masuk setalah 18 ABK dari Kapal SV Miclyn berlabuh di Belawan.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan keseluruhan ABK yang terinfeksi ini bukan merupakan warga Sumut, dua orang ABK saat ini masih menjalani perawatan, dan 16 orang di antaranya telah selesai menjalani isolasi.

"Mereka ini sering berpindah-pindah dan juga bukan warga Sumut, dua diantaranya adalah warga Jakarta,” kata Edy kepada sejumlah jurnalis, Senin (19/7/2021).

Guna menekan sebaran Covid-19, kata Edy, Satgas Covid-19 bersama Pemerintah Provinsi dan Kota serta TNI dan Polri terus memberikan edukasi dan penyekatan ruas jalan dalam penerapan PPKM Mikro Darurat di Kota Medan dan Kota Sibolga.

Gubernur Sumut menyatakan bahwa lonjakan kasus positif naik, tertanggal 16 Juli 2021 tercatat sebanyak 937 orang. “Berdasarkan asesmen level Covid-19 tingkat kabupaten/kota itu yakni level 4 itu dua kota, level 3 terdapat 22 kabupaten/kota, level 2 terdapat dua kabupaten/kota dan level 1 sebanyak 17 kabupaten/kota,” katanya.