Dampak PPKM, 1.434 Pedagang di Pasar Horas Terima BLT

By Redaksi - Saturday, 04 September 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Pematangsiantar - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 1.434 pedagang mikro kecil Pasar Horas. Mereka yang menerima BLT adalah para pedagang mikro kecil yang terdampak pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akibat pandemi Covid-19.

Saat memonitoring pembagian BLT di Gedung III Lantai 4, Wali Kota Hefriansyah menerangkan, sebelumnya Pemko Pematangsiantar telah memberikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) kepada masyarakat yang terdampak PPKM Level 4.

"Hari ini menyusul para pedagang mikro kecil Pasar Horas yang juga terdampak PPKM Level 4 mendapat Bantuan Langsung Tunai atau BLT," terangnya, Jumat (3/9/2021).

Dijelaskan juga, sejak Kota Pematangsiantar ditetapkan sebagai kota yang mengalami PPKM Level 4, Pemko sudah memikirkan dampaknya. Namun, segala sesuatunya harus dipersiapkan dan dirundingkan bersama pihak-pihak terkait.

"Setelah clear semuanya, baik pendataan yang sudah bagus dan dari pihak perbankan sudah siap, Alhamdulillah hari ini kita distribusikan Bantuan Langsung Tunai kepada pedagang. Kebetulan dibagikan di hari Jumat yang baik pula," katanya.

Hefriansyah berharap bantuan yang diberikan Pemko Pematangsiantar bisa meringankan beban para pedagang. Paling tidak untuk memenuhi kebutuhan membeli sembako.

"Saya juga mengingatkan kepada para pedagang agar selalu menerapkan protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker saat berjualan, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan," sebutnya.

Direksi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) Imran Simanjuntak didampingi Kabid Perdagangan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Elvina Turnip mengatakan, total penerima BLT sebanyak 1.434 pedagang. Khususnya para pedagang yang berdomisili di Kota Pematangsiantar, yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Indikator pedagang yang menerima BLT, lanjutnya, antara lain berjualan di kaki lima seputaran Pasar Horas dan pedagang kios kecil yang memiliki surat keterangan berdagang di tempat itu. "Pembagian BLT dilaksanakan selama dua hari," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Pematangsiantar Netty Sianturi mengaku sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar yang telah memberikan bantuan, baik kepada masyarakat maupun pedagang Pasar Horas.

"Kepada masyarakat maupun pedagang, pergunakan bantuan ini sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan di rumah, yakni membeli sembako," pesan Netty.

Salah seorang pedagang Pasar Horas, Naek Sinaga juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota dan Pemko Pematangsiantar yang responsif dan peduli kepada para pedagang Pasar Horas yang terdampak langsung pelaksanaan PPKM Level 4 dan penyekatan jalan masuk ke inti kota.