Disdik Siantar Resmi Laksanakan PTM, Kapasitas 50 Persen

By Redaksi - Monday, 27 September 2021

Pematangsiantar - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pematangsiantar resmi melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas mulai, Senin (27/8/2021). Hal ini diputuskan setelah persentase simulasi yang digelar selama 3 hari hasilnya cukup memuaskan.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Disdak) Kota Pematangsiantar, Lusamti Simamora mengatakan, PTM terbatas diizinkan bagi SD dan SMP dengan jumlah kapasitas 50 persen. "Namun belum semua sekolah. Tergantung kepadatan sekolah," jelasnya.

Salah satu contoh sekolah yang berada di lokasi padat aktivitas masyarakat, antara lain di Jalan Kartini. Sedangkan sekolah yang tidak terlalu padat atau tidak beresiko menimbulkan keramaian akan melaksanakan PTM secara rutin. Seperti SMP Negeri 11 Kota Pematangsiantar.

"Yang buka PTM di Jalan Kartini adalah SMP 4 dan SMP Kartini Handayani. Sedangkan Kartika dan Taman Siswa minggu depan. Demikian Sultan Agung, di sana ada SD dan SMP. Pertama SD dulu, minggu depannya SMP. Gitu kita buat beroperasi, bergantian. SD pun demikian," ujarnya.

"Kalau kita paksakan buka seluruhnya secara bersamaan, kita kuatir juga akan muncul kerumunan dan menimbulkan sebaran Covid-19," ucapnya dengan menambahkan bahwa PTM terbatas ini didasari Instruksi Wali Kota Pematangsiantar Nomor 7 Tahun 2021.

Pada kesempatan ini Lusamti Simamora berharap vaksinasi kepada peserta didik bisa direalisasikan segera mungkin guna memperkecil kemungkinan terjadinya sebaran Covid-19.

"Kemarin ada beberapa sekolah telah divaksin seperti SMP 1 dan SMP 2. Ada sekitar 6 SMP, dan mudah-mudahan stok ada vaksinasi ini cepat disalurkan. Jumlah peserta didik yang bisa divaksin mencapai 17 ribu," terangnya.