Dua Ribu Pedagang di Siantar Divaksin, Warga Resah

By Redaksi - Thursday, 12 August 2021

Pematangsiantar - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal, Kamis (12/8/2021).

Kepala Dinkes Pematangsiantar, dr Ronal Saragih mengatakan bahwa vaksinasi ini diperuntukkan bagi para pedagang yang ada di Pasar Horas dan Pasar Dwikora. Jumlahnya mencapai 2.000 orang.

"Target untuk 2.000 orang pedagang. Dimana 1.000 orang di RSUD Djasamen Saragih dan 1.000 orang di Kantor Camat Siantar Utara. Pelaksanaannya tuntas hari ini, " kata dr Ronal Saragih.

yang akan divaksin dosis pertama harus menunjukkan KIP (Kartu Izin Pedagang). "Yang mengatur (daftar pedagang) adalah pihak pasar. Kita hanya melaksanakan penyuntikan vaksinasi, " ujarnya.

Vaksinasi di tengah PPKM level 4 ini meresahkan dan menuai protes karena menciptakan kerumunan. "Seram kerumunannya, ngambil antrian berebutan, " kata salah seorang warga yang ada di lokasi. 

Terkait itu, dr Ronald mengatakan bahwa yang mengatur jadwal kedatangan pedagang ke lokasi vaksin adalah pihak PD-PHJ.

"Cuma ada juga kami lihat yang menyelinap. Bukan pedagang, " katanya dengan menambahkan bahwa vaksinasi dosis pertama untuk warga umum akan dilakukan besok, sedangkan vaksinasi dosis II berjalan di tiap puskesmas.