Fakta Jatuhnya Mobil ke Danau Toba, Mesin Kapal Mati

By Redaksi - Friday, 04 June 2021
Foto
Foto

Samosir, Kabarnas.com - Polres Samosir bersama Polda Sumut masih mendalami apa penyebab jatuhnya satu unit mobi Toyota Avanza di Dermaga Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dari KMP Ihan Batak ke dalam Danau Toba, Senin (31/5/2021) yang lalu.

Sudah berjalan 3 hari, polisi telah memeriksa sebanyak 9 orang saksi atas meninggalnya seorang wanita di dalam mobil bernomor polisi BK 1421 QP tersebut. Hal ini disampaikan Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada sejumlah wartawab, Kamis (3/6/2021).

Sedangkan dari hasil keterangan saksi dan pengumpulan data, diketahui bahwa saat mobil keluar dari dalam kapal, mesin kapal dalam keadaan mati. Sementara tali tris yang digunakan dipasang pada 2 border saja serta saat bongkar angkutan dari kapal penumpang berada di dalam kapal.

"Kecelakaan itu dikerenakan ramp door (rantai) KMP Ihan Batak terlepas sehingga saat mobil keluar dari kapal terjatuh ke danau. Dan kapal bergerak pada saat bersandar di dermaga karena sling rampdoor keluar dari porosnya," sebutnya.

Polres Samosir juga telah mengirimkan surat permintaan ahli ke Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) dan Dirjen Hubungan Darat Kemenhub RI untuk membantu penyelidikan atas insiden yang terjadi di KMP Ihan Batak.

"Pihak kepolisian Resort Samosir telah meminta kerjasama kepada staff ahli BPTD dan Dirjen hubdat Kemenhub RI, untuk membantu melakukan penyelidikan dan membuat rumusan serta kebijakan terkait kesimpulan insiden tersebut," tutupnya.

Kategori