Ferdi Andalkan BPJS Kesehatan, Sakit Jantung Tertangani Gratis

By Redaksi - Friday, 23 July 2021

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Ferdi Adli Tambunan (58) warga Kota Pematangsiantar, sangat merasakan manfaat menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan. Pasalnya, dirinya saat ini harus menjalani rawat inap di rumah sakit karena penyakit Jantung yang telah lama dideritanya.

Ferdi saat ini adalah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 3. Ia pertama kali mendaftar dan menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2016 karena dorongan dari anak-anaknya agar terhindar dari biaya yang sangat besar jika berobat.

Semenjak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Selama ini Ferdi berharap tidak pernah menggunakan kartu JKN-KIS yang ia miliki untuk melakukan pengobatan di Fasilitas Kesehatan. Namun tentu saja penyakit bisa datang kapan saja tanpa menunggu waktu tertentu.

Saat sedang bersantai di rumah, Ferdi merasakan sesak di bagian dada dan merasa seperti sulit untuk bernapas sehingga langsung dibawa ke rumah sakit. Dokter pun mendiagnosa ada masalah di bagian jantung dan harus menjalani rawat inap untuk ditangani lebih lanjut.

“Beruntung saya memiliki JKN-KIS sehingga saya bisa menjalani perawatan dengan baik dan gratis. Apalagi ini bukan perawatan yang pertama kali. Bulan Februari lalu saya juga sudah dirawat di RS dengan diagnosa penyakit yang sama. Tanpa JKN-KIS saya sudah tidak tahu akan bagaimana nasib saya," ujarnya, Jumat (22/7/2021)

Ia yakin betul bahwa untuk pengobatan jantung itu tidak murah. Ditambah lagi wajib rutin kontrol dan mengkonsumsi obat jantung. Dan di balik biaya yang gratis, menurut Ferdi, prosedur pemanfaatan pelayanan Kesehatan JKN-KIS sangat mudah asalkan berkas-berkas yang diminta dapat dilengkapi.

Pelayanan yang diberikan rumah sakit, kata Ferdi lagu, juga sangat memuaskan, tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien program JKN-KIS dengan pasien umum.

Terakhir, ia mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS agar segera mendaftarkan diri dan keluarganya karena iuran yang dibayarkan membantu orang yang membutuhkan pelayanan Kesehatan. Slain itu program JKN-KIS BPJS Kesehatan juga memiliki banyak manfaat.

“Saya sudah merasakan betul manfaat Program JKN-KIS. Jadi saya akan memastikan agar tetap rutin dan tepat waktu membayar iuran. Karena itulah kontribusi yang bisa saya berikan sebagai peserta agar program ini bisa tetap berjalan dengan baik,” tutup Ferdi