'Gagal' di PDIP, JR Saragih dan Abangnya Masuk NasDem

News

by Patiar Manurung

'Gagal' di PDIP, JR Saragih dan Abangnya Masuk NasDem

Medan, Kabarnas.com - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Provinsi Sumatera Utara mengumumkan sejumlah nama-nama pengurus baru. Dua diantaranya JR Saragih dan Antonius Saragih. Dua nama abang beradik ini masuk jajaran DPW NasDem setelah sebelumnya mencoba berkaya dikancah politik lewat PDI Perjuangan.

Sebagaimana diketahui, JR Saragih sebelumnya merupakan ketua DPC Demokrat Kabupaten Simalungun. Namun saat dirinya gagal mencalonkan diri jadi Gubernur Sumatera Utara karena polemik ijazah, Bupati Simalungun dua periode tersebut tersiar berpindah ke PDI Perjuangan.

Sementara Antonius Saragih pada Pilkada 2020 bertarung jadi Calon Bupati Simalungun lewat salah satu partai pengusungnya yaitu PDI Perjuangan. Antonius saat itu berpasangan dengan Rospita Sitorus mendapat nomor urut 4 dengan perolehan suara 127.608.

Selain dua nama di atas, Drs Bukit Tambunan, merupakan pensiunan birokrat yang pernah menjabat sebagai Bappeda di Kabupaten Simalungun dan di Pemerintahan Provinsi Sumut turut menjadi pengurus inti DPW NasDem Provinsi Sumut.

Untuk penetapan kepengurusan ini, ketiga nama tersebut dengan pengurus yang lainnya sedang diajukan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) NasDem.

Salah satu dari dua nama di atas, Bukit Tambunan ketika dikonfirmasi membenarkan dirinya memantapkan langkah bagian dari kepengurusan DPW NasDem Sumut. "Ia saya ikut masuk," kata mantan Pj Bupati Tapanuli Tengah dan Humbahas itu, Sabtu (10/4/2021).

Ketua DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST, kepada sejumlah wartawan sebelumnya mengungkapkan adanya nama-nama baru di tubuh NasDem. Umumnya merupakan mantan pejabat yang sekaligus tokoh masyarakat di Sumut.

Iskandar menjelaskan, perubahan struktur kepengurusan karena adanya peraturan organisasi (PO) baru dari DPP NasDem. Dalam PO tersebut akan muncul bidang baru seperti siber dan milenial.

"Mereka yang bergabung sudah menjadi kader Partai Nasdem. Setelah SK yang baru ditandatangani DPP, akan ada perkenalan. Habis Lebaran kita akan gelar rakorwil dalam rangka konsolidasi internal. Saya yakin, masuknya tokoh-tokoh besar di kepengurusan ini akan memaksimalkan kemenangan Pemilu 2024 nanti," kata Iskandar, Selasa (6/4/2021).

Adapun para tokoh masyarakat lain bergabung adalah Mayor Jenderal TNI Purn Christina Zebua yang pernah menjabat Pangdam Cendrawasih, HT Milwan (Bupati Labuhanbatu dua periode serta mantan Ketua DPD Demokrat Sumut), Abdillah mantan Wali Kota Medan.

Selain itu, mantan pejabat eselon II di Pemprov Sumut yang telah pensiun ikut bergabung seperti mantan Kasatpol PP, Suryadi Bahar dan Sulaiman Hasibuan yang pernah menjabat Kabiro Hukum, Wantim Torang Lumban Tobing dan Bukit Tambunan.

Muncul juga para calon bupati di Pilkada 2020 yaitu Antonius Saragih (mantan calon Bupati Simalungun), Josua Ginting (mantan calon Bupati Karo) dan mantan Jaksa Agung Muda Intelijen Kejagung, Edwin Pamimpin Situmorang.