Gedung Galery Deskranasda Diresmikan Jadi Pusat Produk UMKM

News

by Patiar Manurung

Gedung Galery Deskranasda Diresmikan Jadi Pusat Produk UMKM

Pematangsiantar - Walikota Pematangsianțar, dr Susanti Dewayani bersama suaminya selaku Ketua Daerah (Dekranasda), Erizal Ginting dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsianțar, Teuku Munandar meresmikan Gedung Galery Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang ada di lantai II Gedung Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka, Senin (21/11/2022).

Erizal Ginting pada pertemuan itu mengapresiasi program kerja Teuku Munandar karena selama 9 bulan telah banyak memberikan perhatian dalam kegiatan yang diselenggarakan Dekranasda.

"Semoga selanjutnya kami dapat melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan para pelaku kerajinan ekonomi kreatif, IKM, dan UMKM yang terbaik untuk Kota Pematang Siantar yang kita cintai bersama," katanya.

Erizal berharap, acara peresmian tersebut jadi momentum dari kebangkitan Dekranasda Kota Pematangsiantar dan galery itu diharapkan dapat ditetapkan sebagai paket obyek kunjungan wisata yang terintegrasi dengan paket Wisata Provinsi Sumatera Utara.

"Galery ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin menjadi tempat mempromosikan dan memasarkan aneka produk kerajinan. Khususnya para pelaku IKM dan UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berperan aktif dalam mengisi galery kerajinan produk unggulan yang kami siapkan secara gratis," terangnya.

Selaku Ketua Dekranasda Pematang Siantar, Erizal berharap para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dapat terus menjaga kualitas produknya masing-masing tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki, yang tentu saja berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Erizal mengajak para pemimpin perbankan se-Kota Pematang Siantar untuk bersama sama dengan Dekranasda Kota Pematang Siantar memberi dukungan sesuai potensi masing-masing guna pengembangan IKM dan UMKM Pematang Siantar.

"Saya tau selama ini bapak ibu sudah berbuat, namun saya ingin kita bersinergi demi percepatan kemajuan IKM dan UMKM Kota Pematang Siantar," tandasnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar dalam sambutannya mengatakan, kehadiran berbagai pihak di acara tersebut, termasuk wali kota, merupakan bukti nyata komitmen dalam mendukung UMKM.

"Kami juga ingin menyampaikan ucapan selamat kepada Ibu Wali Kota dan jajaran Pemko Pematang Siantar, atas penghargaan Lencana Siddhakarya yang diserahkan Bapak Gubernur Sumatera Utara kepada Ibu Wali Kota tinggal 15 November 2022 lalu, atas

kepedulian Ibu Wali Kota dalam membina dan memajukan dunia usaha dan UMKM," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan Munandar, pembangunan lantai dua Galery Dekranasda Pematang Siantar merupakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk mendukung pengembangan ekonomi Pematang Siantar, khususnya UMKM.

"Kami melihat semangat Ibu Wali Kota dan jajaran, khususnya Dinas Koperasi dan UMKM, dan Perdagangan, serta Ketua Dekranasda dalam kemajuan UMKM sangat tinggi. Sehingga kami pun antusias mendukung Pemko dan Dekranasda Pematang Siantar," tegas Munandar.

Dilanjutkan Munandar, pihaknya memandang kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar dengan perbankan sangat penting. Sebagaimana diketahui, sumber pembiayaan untuk pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah selain dari APBN/APBD dan penanaman modal/investasi, juga berasal dari penyaluran kredit/pembiayaan perbankan.

"Tujuan kami mengundang pimpinan perbankan adalah dalam rangka mempromosikan keberadaan Galery Dekranasda. Dengan melihat sendiri bahwa Kota Pematang Siantar memiliki Galeri UMKM yang nyaman dan lengkap, diharapkan pimpinan perbankan dapat mengajak tamu-tamunya dari kantor pusat, kantor wilayah, atau daerahl lainnya untuk berbelanja di galery ini, saat mereka berkunjung ke Kota Pematang Siantar," kata Munandar.

Sementara maksud dan tujuan pihaknya mengundang media/jurnalis, tentunya dengan publikasi media, keberadaan Galery Dekranasda akan tersebar di seluruh Sumatera Utara (Sumut), Indonesia, bahkan internasional.

"Karena saat wisman mencari informasi mengenai pariwisata dan UMKM di Pematang Siantar atau Sumatera Utara di internet, maka berita mengenai keberadaan galery ini dapat muncul dan dibaca mereka," sebutnya.

"Dengan sinergi dan kolaborasi kita semua, insyaAllah UMKM Pematang Siantar akan semakin maju dan sejahtera," lanjutnya.

Sedangkan Wali Kota, Susanti Dewayani mengatakan, gedung tersebut bisa berdiri seperti sekarang ini berkat dukungan dan usaha yang telah dilakukan. Juga berkat doa-doa.

dr Susanti mengucapkan terima kasih kepada Kepala BI Perwakilan Pematangsiantar yang telah dengan ikhlas memberikan dukungan sehingga gedung Galery Dekranasda lantai dua bisa tampil lebih baik dan lebih menarik, yang dapat menambah semangat, terlebih para pelaku IKM dan UMKM untuk meningkatkan kinerja.

Disampaikan dr Susanti, penciptaan dan pengembangan kegiatan ekonomi baru telah menjadi salah satu fokus perhatian bersama. Upaya tersebut diperlukan mengingat dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi nasional cenderung melambat, yang antara lain disebabkan makin lesunya kondisi perekonomian dunia.

Pemko Pematang Siantar, lanjutnya, mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada perusahaan dan UMKM serta Kepala Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar. Sehingga Pemko Pematang Siantar pada Selasa, 15 November 2022 lalu menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Keberhasilan tersebut, sambungnya, merupakan hasil kerja keras bersama. Sehingga dapat berdampak kepada peningkatan dan kekuatan ekonomi masyarakat Kota Pematang Siantar.

dr Susanti berharap gedung itu jadi wadah tempat menampung hasil produk kerajinan unggulan Kota Pematangsiantar dan dapat meningkatkan kegiatan-kegiatan pembinaan yang menunjang kualitas pelaku usaha, mengingat kompetisi di era globalisasi dewasa ini, menuntut agar produksi yang dihasilkan oleh IKM dan UMKM memiliki daya saing yang kuat. Sehingga dapat merebut pangsa pasar yang ada, baik lokal maupun global.

"Semoga Dekranasda Kota Pematang Siantar tetap dapat berkarya untuk memajukan industri kreatif, memajukan IKM dan UMKM yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kota yang kita cintai ini," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengajak dan mengimbau seluruh masyarakat Kota Pematang Siantar untuk pro aktif mensukseskan Gebyar UMKM yang akan dilaksanakan 24-26 November 2022 di Lapangan H Adam Malik.