Gedung IV Pasar Horas Akan Direvitalisasi, Pedagang Mendukung

By Redaksi - Friday, 30 September 2022

Pematangsiantar - Pelaksana Tugas Dirut Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (Plt PD PHJ), Toga Sehat Sihite mengumpulkan organisasi pedagang dan sekitar 50 orang pedagang yang ada di Gedung IV, Pasar Horas, Kamis (29/9/2022).

Pertemuan ini tidak lepas dari program Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam melaksanakan pembangun di kota ini. Salah satu contohnya, pembangunan pasar sesuai program Presiden Jokowi dalam menuntaskan pembangunan revitalisasi pasar tradisional di seluruh Indonesia.

Dihadapan para pedagang Plt Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya, Toga Sehat Sihite, SE SSi, MM menjelaskan bahwa revitalisasi Gedung IV Pasar Horas diperkirakan akan dikerjakan pada tahun anggaran 2023. Dalam sosialisasi pedagang setuju dan mendukung program pembangunan gedung tersebut.

Pedagang seperti Edy Siburian mengaku gedung yang ada sekarang tidak layak lagi dan rawan karena gedung tersebut sudah berusia 41 tahun.

Edi Siburian, ketua asosiasi pedagang di gedung 4 pun menyampaikan dukungan apresiasinya terhadap pembangunan pasar semi modern tersebut.

Di mana mereka berharap, dengan adanya perbaikan psar tersebut, pengunjung akan lebih tertarik dan berminat berbelanja di sana.

"Kami sangat mendukung dan berharap pembangunan itu segera terlaksana. Kalau dilihat dari segi bangunan yang ada memang sudah tidak layak. Sudah 41 tahun bang,"sampainya.

Ia pun menambahkan, kalau pembangunan pasar tersebut terlaksana, secara otomatis akan meningkatkan taraf mereka sebagai pedagang.

"Dengan adanya pasar semi modern itu, kami pedagang pun akan naik setahap dari pedagang tradisional ke pedagang semi modern.Tentunya kami pun akan terus berbenah,"sampainya.

Pada kesempatan ini, Toga Sihite menjelaskan bahwa sumber dana pembangunan Gedung IV Pasar Horas sebesar Rp 62 miliar berasal dari Kementerian Perdagangan. Sementara pembangunan akan dikerjakan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Adapun bangunan ini, rencananya juga akan dilengkapi dengan lahan parkir khusus. Dimana parkir tidak lagi di badan jalan melainkan berada di basement.

"Bangunan yang akan dikerjakan semi modren dan usulan kita gedungnya 4 tingkat. Dan ini sudah kita sosialisasikan kepada pedagang. Yang hadir tadi perwakilan pedagang di gedung IV dan organisasi pedagang " terangnya.

Toga juga menambahkan, sejumlah persiapan menuju pasar semi modern tersebut pun sudah dibenahi sejak awal. Dalam hal pembayaran misalnya, sebelumnya pedagang telah mendapat edukasi dan sosialisasi dari Bank Indonesia terkait sistem pembayaran non tunai QRIS.

Keberadaan pasar semi modern ini pun memiliki potensi besar sebagai pasar utama dalam menyuplai kebutuhan di daerah wisata super prioritas Danau Toba. Mengingat jarak pasar itu ke daerah Danau Toba sangatlah terjangkau secara jarak dan waktu tempuh.

Kategori