Gempa Terjadi di Danau Toba, Warga Rasakan Getaran

By Redaksi - Sunday, 28 March 2021
Peta Gempa di Danau Toba
Peta Gempa di Danau Toba

Toba, Kabarnas.com - Gempa bumi tektonik berskala M5.0 terjadi di Danau Toba, Sabtu (27/3/2020) sekitar pukul 15.46 WIB. Gempa ini terasa di Balige, Kabupaten Toba dan Samosir, sehingga sempat membuat warga heboh.

Sesuai data yang diterima wartawan bahwa hasil monitoring BMKG, gempa ini tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Hal ini dibenarkan Koordinator SAR Danau Toba, Octo Tambunan.

Hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=5,2. 

Episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 2.43 LU dan 98.96 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah Barat Laut Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara pada kedalaman 137 KM.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat dari aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik.

Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Samosir I-II MMI, dimana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG sendiri mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pihak BMKG juga minta warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Kategori