Gubernur Sumut Beri Sinyal, dr Susanti Segera Dilantik

By Redaksi - Friday, 30 July 2021

Pematangsiantar - Kabar baik untuk hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pematangsiantar pada 2020 disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi. 

Sinyal tentang rencana pelantikan dr Susanti Dewayani menjadi Wakil Wali Kota akan segera dilaksanakan ketika Edy Rahmayadi menyinggung masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sekarang. 

Menurutnya, masa jabatan Hefriansyah dan Togar Sitorus yang seyogyanya berakhir Februari 2022, namun itu akan dipangkas. Keduanya akan mendapatkan kompensasi dari sisa masa jabatan. Hal ini sudah dibahas bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Edy menyampaikan bahwa secara undang-undang masa pejabat kepala daerah sekarang ini sampai 2022. Namun dianggap lebih baik pemangkasan demi produktivitas pelayanan kepada masyarakat guna memaksimalkan pembangunan.

"Dari awal sudah dibicarakan. Akan disingkat, dilakukan rapel haknya, berupa ganti dan tunjangan, agar dia tidak dirugikan, " katanya kepada wartawan, Kamis (29/7/2021).

Untuk diketahui, Pilkada Siantar 2020 hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Asner Silalahi dan Susanti Dewayani. Hasilnya pasangan tersebut meraih total suara 43.919 suara atau 75,3 persen suara.

Asner Silalahi selaku Wali Kota Siantar terpilih ternyata meninggal dunia pada 14 Januari 2021 silam. Sehingga apabila pelantikan digelar, Gubernur Edy hanya akan melantik Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar.