Harga Karet Rp 13.500/Kg, Petani Pinangsori Bergairah

News

by Patiar Manurung

Harga Karet Rp 13.500/Kg, Petani Pinangsori Bergairah

Tapteng - Aktivitas pasar jual beli getah di Kecamatan Pinangsori mulai sibuk sejak Jumat sore hingga Sabtu pagi (20-21/1/2022). Harga dibuka dikisaran Rp 13.500/kg dari para agen lokal.

Para petani karet khususnya asal Desa Togabasir, Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah yang berlokasi di Lingkungan VII Pagarbatu Kelurahan Pinangbaru Kecamatan Pinangsori terlihat sibuk melakukan kegitan timbang meninbang getah. Hasil amatan awal media ini, ada sekitar puluhan ton getah milik para petani di pasarkan di lokasi ini.

Salah satu warga yang telah selesai melakukan transaksi jual beli di lokasi ini menyebutkan, bahwa harga getah para petani di sini untuk hari Sabtu ini di bandrol dari kisaran Rp 13.500 hingga Rp 14.000/Kg. Harga disesuaikan berdasarkan tingkat kebersihan dan kualitas getah yang hendak di jual.

"Pasaran Sabtu ini sama dengan minggu kemarin di kisaran 13.500 hingga 14.000 per kilogram.Dan itu tergantung kebersihan dan kering basahnya getah tersebut di lokasi ini," kata warga sekitar bermarga Panggabean.

Dirinya juga menyebutkan kalau saat ini total getah karet dari Desa Togabasir masih menduduki harga tertinggi dari sejumlah pasar lokal di Kecamatan Pinang sori.

" Di sini di Pagarbatu ini ,harga getah kita termasuk harga yang paling tinggi dari harga harga di lokasi lainnya," ucapnya .

Hingga berita ini di muat aktivitas jual beli Getah karet petani masih berlangsung.(Job Purba )