Jalan Rusak Telan Korban, Warga Hatonduhan Minta Bupati Tepati Janji

By Redaksi - Monday, 17 June 2024
Kondisi jalan rusak yang dikeluhkan warga Kecamatan Hatonduhan
Kondisi jalan rusak yang dikeluhkan warga Kecamatan Hatonduhan

Simalungun - Warga mengeluh jalan rusak yang berada di Marjaya Asih Nagori Saribu Asih, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Apalagi belakangan ini, jalan kabupaten tersebut semakin rusak. Di mana kondisi badan berlubang, dan apabila saat hujan, jalan berubah menjadi seperti sungai. 

Warga setempat, Bronson Siregar mengaku bahwa selama ini jalan rusak di daerahnya banyak menelan korban. Di mana kendaraan kerap masuk lubang dan membuat pengemudinya terjatuh.

“Sering kali pengendara sepeda motor terperosok karena lubang yang terdapat di badan jalan," kata pada Minggu (16/6/24).

Warga sendiri meminta Bupati Simalungun Radiapoh Sinaga segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut dengan material yang berkualitas.

"Jangan diperbaiki asal-asalan. Kami berharap kepada Bapak Bupati Simalungun supaya memperbaiki jalan besar Saribu Asih Tangga Batu seperti yang dijanjikan bupati tahun lalu ketika marharoan bolon (gotong royong)," ujar dia.

Amatan kabarnas.com, jalan yang rusak sekitar 9000 meter dengan kondisi berlubang. Bahu jalan turut rusak karena tergenang air saat hujan. Sedangkan sisi kanan dan kiri bahu jalan kabupaten sama sekali tidak tersedia drainase.

Diketahui juga jalan kabupaten tersebut terletak di pusat penghubung jalan ke wisata Danau Toba dan pusat Kota Pematangsiantar sehingga mobilitas dan penggunaan jalan tersebut oleh masyarakat tergolong tinggi. (Nimrod)