Jivania Kembali Sehat Tanpa Biaya Berkat Kehadiran JKN

News

by Patiar Manurung

Jivania Kembali Sehat Tanpa Biaya Berkat Kehadiran JKN
Fo

Pematangsiantar - Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan kian dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat yang sudah menjadi pesertanya. Bukan hanya mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga oleh anak-anak. Seperti halnya yang dialami oleh Jivania Geona Sitompul (2).

Ditemui di Rumah Sakit pada Jumat (11/11), Romiyan Nurma Damanik, ibu dari Jivania menceritakan bahwa ia bersyukur bisa mendapat manfaat yang diberikan oleh Program JKN. Bocah yang saat ini sedang dalam masa pertumbuhan tersebut pernah dibawa ke fasilitas kesehatan akibat demam tinggi yang mendadak menyerang.

“Waktu itu saya panik sekali, kebetulan bapaknya masih bekerja. Jadi tanpa berlama-lama saya langsung bawa anak saya ke fasilitas kesehatan. Saat itu saya hanya berbekal Kartu JKN di saku saya,” ujar Nurma.

Menurutnya, Jivania saat itu sempat enggan makan karena demam dan sakit tenggorokan. Setelah dibawa ke fasilitas kesehatan dan diperiksa oleh dokter, Jivania didiagnosa mengalami radang tenggorokan. 

Untunglah saat itu dokter mengatakan bahwa kondisi Jivania tidak parah, sehingga bisa dirawat jalan. Dokter meresepkan obat penurun panas dan pereda radang untuknya.

Menurut Nurma, pelayanan yang ia terima dengan memanfaatkan Program kartu JKN dirasa cukup baik. Dirinya tidak merasakan adanya tindakan diskriminasi sama sekali. 

Nurma melihat bahwa semua pelayanan yang diberikan kepada pasien sama baiknya, tidak memandang status pasien sebagai peserta Program JKN maupun pasien umum.

“Tidak ada biaya sama sekali dan waktu itu juga diberi informasi bahwa Jivania harus banyak istirahat dulu sampai benar-benar pulih seperti sedia kala. Sangat bersyukur saya sekeluarga sudah bisa jadi peserta Program JKN. Berkat program ini, anak saya bisa mendapatkan layanan kesehatan dengan baik, apalagi tanpa biaya,” kata Nurma.