Kapal Pencari Ikan Terbakar, 2 ABK Dinyatakan Hilang

By Redaksi - Wednesday, 04 August 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Sergai - Kapal Motor (KM) United I yang melakukan penangkapan ikan rute Pelabuhan Perikanan Belawan menuju Fishing Ground Perairan Pulau Berhala berkapasitas 60 GT terbakar di Perairan Pulau Berhala kab. Serdang Bedagai, (4/8/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam peristiwa ini ada 2 orang ABK dinyatakan hilang dan 1 orang meninggal dunia. Sedangkan 7 orang lainnya selamat dan sudah dievakuasi ke Pelabuhan Belawan.

Saat kebakaran terjadi, KM Tanto (Kapal Kargo) dan KM United II yang sedang melintas dari Perairan Pulau Berhala menuju Belawan melihat KM United I terbakar dan langsung membantu memadamkan api.

Upaya kedua kapal ini tidak membuahkan hasil yang maksimal karena besarnya kobaran api langsung membakar semua bagian kapal dan KM United I langsung karam di lokasi tersebut.

Selanjutnya KM United II membawa 7 ABK yang selamat dan 1 ABK yang meninggal dunia menuju Pelabuhan Belawan. Korban meninggal atas nama M Ali Simanjuntak. Korban hilang Jhon selaku nahkoda kapal dan satunya bermarga Simatupang selaku ABK

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, Toto Mulyono mengatakan, pihaknya pertama kali menerima informasi dari petugas siaga VTS Belawan, sehingga malam itu juga ia langsung memerintahkan kepala Seksi Operasi Basarnas Medan untuk memimpin pergerakan personil Rescuer.

"Anggota sebanyak 18 orang bergabung bersama personil kapal KN. SAR Sanjaya yang nantinya akan digunakan menuju lokasi melakukan pencarian," ucapnya.

Adapun data korban selamat :

1. Ilham (51) warga Gang Alpala Belawan

2. Abdul Khoir Lase (28) warga Kampung Nelayan

3. Hotma Pasolian (32) warga Namoukur

4. Putra (23) warga Belawan

5. Syahrial (25) warga Kelurahan Nelayan Indah Belawan

6. Erikson Sitompul (45) warga Sei Mati Belawan

7. Idris Gunawan Harahap (32) warga Lorong 4 Umum Belawan