Kartu JKN-KIS Aktif, Manfaatnya Terasa Saat Mendadak Sakit

By Redaksi - Friday, 20 May 2022

Pematangsiantar - Ada sebuah pepatah mengatakan bahwa kesehatan akan menjadi tampak berharga setelah kita kehilangannya. Saat sedang dalam keadaan sehat, maka pepatah ini sering dianggap sebagai angin lalu. Namun, ketika sakit maupun dalam masa perawatan, maka nampak kebenarannya.

Darsinto Situmeang (52) merupakan salah satu dari jutaan peserta Program JKN-KIS dari segmen Penerima Upah Badan Usaha (PPU-BU) yang telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS.

Darsinto dan keluarganya Istrinya Sauduran Pardede (49) merupakan seorang guru swasta di Kota Pematang Siantar, sedangkan Darsinto berprofesi sebagai wiraswasta.

Saat ditemui di Rumah Sakit Tiara Kota Pematangsiantar pada Kamis (12/5), Darsinto menceritakan bahwa pada 9 Mei 2022, ia membawa anaknya yang berusia 11 tahun ke rumah sakit karena suhu tubuhnya yang sangat tinggi.

Selain itu, ada keluhan sakit pada bagian perutnya. Sang anak langsung mendapatkan pertolongan pertama melalui Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Kata dokter yang memeriksa, anak saya terkena tipes. Jadi memang suhu tubuhnya tinggi dan badannya dirasa meriang. Ditambah lagi kemarin perutnya dirasa sakit sekali olehnya. Alhamdulillah, sekarang sudah jauh lebih baik lagi. Tapi masih harus disuruh balik lagi untuk kontrol ulang oleh dokter, katanya mau ada pemeriksaan lanjutan,” ujar Darsinto.

Darsinto mengakui bahwa setelah anaknya mendapatkan perawatan kondisinya kini telah jauh lebih baik. Darsinto juga menjelaskan bahwa dirinya sadar akan pentingnya Program JKN-KIS. Selama masa perawatan anaknya, Darsinto menyatakan bahwa tidak ada mengalami kendala sedikitpun. Ia mengaku bahwa kartunya selalu aktif dikarenakan dirinya selalu rajin membayar iuran setiap bulannya.

“Dokter dan perawat disini sangat ramah-ramah, saya merasa tidak dibeda-bedakan dengan pasien umum. Sehingga kalau ada orang yang menyebutkan bahwa ada pelayanan yang dibeda-bedakan, itu tidak betul,” katanya Darsinto.

Darsinto mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftar menjadi peserta JKN-KIS karena manfaatnya sangat besar. Ia juga menambahkan agar sebagai warga negara yang baik jangan sampai lupa untuk membayar iuran tepat waktu sebelum tanggal sepuluh setiap bulannya.

“Bagi masyarakat yang sudah menjadi peserta Program JKN-KIS apabila sakit jangan takut untuk berobat, dan jangan takut dengan biaya rumah sakit yang mahal karena BPJS Kesehatan siap menanggung biaya berobat seluruhnya. kesehatan adalah harta yang tidak terlihat dan tidak dapat dinilai dengan angka harganya,” ujar Darsinto.

Kategori