Kebakaran di Huta Bayu Raja Hanguskan 8 Rumah Warga

By Redaksi - Sunday, 23 May 2021

Simalungun, Kabarnas.com - Sebanyak 8 unit rumah di Huta I, Pokan Baru, Nagori Pokan Baru, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun ludes terbakar, Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 4.00 WIB.

Api membara dengan cepat setelah terjadi korsleting listrik di rumah milik Nahum Manurung (47). Melihat kobaran api dan asap, tetangga Nahum yang juga menjadi korban, terbangun dan berhamburan keluar rumah.

Warga lain di sekitar pun berusaha memadamkan api, sedangkan para korban mencoba menyelamatkan harta bendanya. Sementara pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar terlambat tiba di lokasi karena jarak tempuh. Parahnya, Damkar milik Pemkab Simalungun tidak terlihat.

Musibah kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun warga yang kehilangan tempat tinggal umumnya sudah lanjut usia, yakni Rusli Sianturi (70), , Manilim Siburian (70), Eldonal Oppusungguh (42), Ganda Sianturi (65), Pendi Gultom (70), Anggiat Sibarani (42) dan Elman moris Manurung (44).

Kapolsek Tanah Jawa, Kompol Selamat membenarkan kejadian ini dan ia sendiri bersama beberapa anggotanya turut membantu warga untuk memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Hasil penyelidikan, kata kapolsek, kebakaran ini diduga karena hubungan arus pendek listrik. “Tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil mencapai Rp 700 juta," kata Kapolsekta Tanah Jawa dengan menambahkan bahwa api dapat dipadam sekitar pukul 8.00 WIB.