Kisah Melahirkan Peserta JKN-KIS, Layanan Lancar Tanpa Biaya

News

by Patiar Manurung

Kisah Melahirkan Peserta JKN-KIS, Layanan Lancar Tanpa Biaya

Pematangsiantar - Kehadiran seorang buah hati di tengah-tengah keluarga merupakan suatu kebahagiaan yang tidak dapat tergantikan. Apalagi jika proses persalinan sang anak berjalan dengan lancar dan seluruh biaya persalinan tidak membebani keluarga, maka kebahagiaan akan semakin bertambah.

Hal itulah yang dirasakan oleh Frida (27), salah seorang peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) asal Kota Pematangsiantar. Frida yang telah menjadi salah satu peserta program ini sejak tahun 2020, mengaku bahwa dirinya beserta keluarga sangat terbantu berkat keberadaan program JKN-KIS, terutama saat proses melahirkan anak pertamanya beberapa waktu yang lalu.

“Karena dari hasil pemeriksaan tekanan darah saya tinggi, sehingga tidak memungkinkan saya melakukan persalinan secara normal. Akhirnya, saya harus menjalani operasi caesar di Rumah Sakit Pematangsiantar. Seandainya saya tidak punya kartu JKN-KIS, saya tidak tahu berapa biaya yang harus saya bayar untuk tindakan operasi caesar tersebut,” ungkap Frida kepada Senin (17/1/2022).

Frida mengungkapkan bahwa sebelum melaksanakan proses kelahiran anak pertamanya, dirinya secara rutin memeriksakan diri dan melakukan kontrol kandungannya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Frida menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan yang didapatkannya di Puskesmas tempat dirinya dan keluarga terdaftar sangat baik dan memuaskan.

“Mulai dari saat masih mengandung sampai dengan bersalin, baik di Puskesmas atau di rumah sakit, pelayanan yang saya dapatkan baik. Yang paling penting saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun karena semuanya sudah dijamin oleh Program JKN-KIS,” tambah Frida.

Frida berharap Program JKN-KIS dapat terus ada dan tetap berlanjut untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Walaupun dirinya merupakan seorang karyawan swasta yang iurannya dipotong oleh perusahaan tempat dirinya bekerja dari pendapatannya setiap bulan, Frida mengaku manfaat yang telah dirasakannya sangat besar.

“Saya sangat bersyukur kami punya kartu JKN-KIS yang aktif. Semoga program ini dapat terus membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas,” kata Frida.