Lewat Program Kemendikbudristek, Mahasiswa UHKBNP Raih Prestasi

By Redaksi - Tuesday, 11 May 2021

Mahasiswa UHKBPNP Menangi Lomba PKM dan Kampus Merdeka

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHKBPNP) telah menoreh sejumlah prestasi dari program Kemendikbudristek.

Adapun prestasi yang dimenangi mahasiswa yaitu hibah program kreativitas mahasiswa (PKM) untuk pengabdian masyarakat yang merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan Kemendikbudristek setiap tahunnya melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa).

Wakil Rektor III UHKBPNP David Berthony Manalu mengatakan, mahasiswa yang memenangi PKM tersebut mengusung judul “Pendampingan Belajar melalui kegiatan TBDR (Teman Belajar di Rumah) Bagi Siswa SD HKI 3 Pematangsiantar".

David menjelaskan, tim mahasiswa bimbingannya itu berjumlah 5 orang akan melaksanakan kegiatan pendampingan belajar bagi siswa SD pada bulan Juli mendatang. Ke-5 mahasiswa tersebut yakni Hotlinda Rodearni Girsang(prodi pendidikan bahasa inggris), Hanna Cristina Rumahorbo,(prodi pendidikan bahasa inggris),Taruli Florenza Sianipar(prodi pendidikan bahasa inggris), Romasta Naibaho (prodi pendidikan ekonomi) dan Novriyanti Ardani Paskah Simanjuntak (prodi pendidikan guru sekolah dasar-PGSD).

“Prestasi mahasiswa ini dapat meningkatkan citra dan animo masyarakat terhadap UHKBPNP. Selain itu, prestasi ini juga memberi nilai yang bermanfaat bagi akreditasi program studi maupun perguruan tinggi,” ujarnya kepada sejumlah wartawan, Selasa, (11/5/2021).

Selain ke-5 mahasiswa tersebut, 1 orang mahasiswa UHKBPNP dari program studi pendidikan ekonomi sambung David, ikut memenangkan program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek sebagai wujud percepatan kurikulum kampus merdeka.

“Ada juga mahassiwa kita, bernama Aldinand Saragih, menang program Kampus Merdeka,” ungkapnya.

Berikutnya, ada Ucy Nursanty Haloho mahasiswa prodi pendidikan bahasa inggris dan Kevin Willaim Andri Siahaan prodi pendidikan kimia yang telah menulis jurnal, buku bersama dan membuat media animasi pembelajaran.

"Bangga, ada tulisan mahasiwa UHKBNP dalam Jurnal terindeks Sinta 5, google scholar dikutip 7 kali, dan telah diverifikasi LIPI,” kata Kevin dalam kesempatan yang berbeda.

UHKBPNP terus berusaha meningkatkan kualitas SDM mahasiswanya melalui keikutsertaan dalam berbagai program dan kompetisi yang diselenggarakan di tingkat nasional seperti PKM, KN-MIPA, Pilmapres, Kampus Mengajar, PHP2D, dan program lainnya.

Untuk tahun akademik 2021/2022, UHKBPNP dijelaskan dosen prodi bahas Inggris ini tengah mempersiapkan beberapa tim mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi di berbagai bidang yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) maupun Ditjen Belmawa.