Napi Motor Perubahan, Lapas Siantar Buka Rehabilitasi

News

by Patiar Manurung

Napi Motor Perubahan, Lapas Siantar Buka Rehabilitasi

Simalungun, Kabarnas.com - Guna menekan angka korban penyalahgunaan narkotika, Lapas Klas IIA Pematangsiantar mengadakan rehabilitasi. Pelaksanaan program bekerjasama dengan BNN Kota Pematangsiantar dan Yayasan Caritas PSE Keuskupan Agung Medan.

Kegiatan rehabilitasi ini di buka oleh Kadivpas Kemenkumham Kanwil Sumut, Pujo Harinto BC.IP,S. SOS, M.SI yang di wakilkan oleh Kabid Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelola Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan, Kriston Napitupulu Amd.IP. SH

Kalapas Rudy Fernando Sianturi Amd.IP. SH mengatakan, peserta rehabilitasi ini berjumlah 220 orang terdiri dari 100 orang peserta rehab medis dan 120 orang peserta rehab sosial. "Kegiatan rehabilitasi ini akan berlangsung selama 6 bulan," jelasnya usai pembukaan rehabilitasi di Aula Lembaga Pemasyarakatan, Senin (15/2/2021).

Penempatan kegiatan rehabilitasi ini dilaksanakan di blok khusus yang tidak berbaur dengan warga binaan (Napi) atau anak didik pemasyarakatan yang tidak mengikuti rehabilitasi. "Program kegiatan ini merupakan kegiatan dari pusat dan berlangsung di beberapa Lapas," terangnya.

Untuk rehabilitasi di Lapas Klas IIA Pematangsiantar ini, kata Rudy Sianturi, akan dilaksanakan oleh petugas Lapas bekerja sama dengan BNN Kota Pematangsiantar dan pihak yayasan. "Dan diharapkan hasilnya akan maksimal dan menciptakan warga binaan yang bisa menjadi motor perubahan di lingkungannya ketika dia bebas dari Lapas Siantar ini," terangnya.