Pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Siantar Dikukuhkan

News

by Patiar Manurung

Pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Siantar Dikukuhkan

Pematangsiantar - Pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar Periode 2022-2025. Acara tersebut digelar di Convention Hall Siantar Hotel, Sabtu (17/9/2022) mulai pukul 09.30 WIB.

Pelantikan Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar dipimpin Ketua Umum DPP Keluarga Pomparan Siraja Oloan Indonesia Brigen (Purn) Tarida Sinambela, didampingi para penasehat, yakni H Mariaman Naibaho SH, Alosius Sihite, Rajakin Sitepu, dan lainnya.

Pengurus yang dilantik yakni Ketua Harian Toga Sehat Sihite; Wakil Ketua Benni Naibaho, Noel Lingga, Harris Pardamean Bakkara, Toga Ferry Sinambela, Donald Sihite, dan Natal Simanullang.

Sekretaris Agus Sihotang; Wakil Sekretaris Erwin Freddy Siahaan, dan Ferry Bf Sihite. Bendahara Renfille Eben Hasibuan dan Wakil Bendahara Dessy Bakkara.

Sedangkan Bidang Koordinator Pendidikan dan Pelatihan/IT Danny Sihotang; anggota Monang Sianipar dan Ganda Simanullang; Pengembangan Ekonomi Kreatif Rudolf Simanullang dengan anggota Lerisma Sihotang MSi, Samsul Sinambela; Sosial Budaya Jon P Simanullang dan anggota Jefri K Sihite, Roselina Sitepu.

Untuk Hubungan dan Kerjasama Rivay Bakkara, anggota Perry Sihotang, Boby Bakkara; Hukum Diandro M Sihite SH, anggota Edo Manullang dan Johan E Sihotang.

Bidang Olahraga dan Kesehatan Frans Karo-karo, anggota Fery H Sihotang dan Berto Sihite SE; Kerohanian Jamukka Sihotang, anggota Pdt Kepler Bakkara, Regina A Naibaho; Pengembangan Organisasi Firnandius Naibaho, anggota Tommy Sihite SH dan dan Simon Lingga.

Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar diajak untuk berperan nyata di tengah masyarakat, yang penuh warna perbedaan, baik perbedaan suku, agama, ras, dan latar belakang sosial lainnya.

Ajakan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag Tata Pemerintahan Robert Sitanggang SSTP, saat menghadiri acara tersebut.

Ketua Umum DPP Keluarga Pomparan Siraja Oloan Indonesia Brigjen (Purn) Tarida Sinambela menyerahkan bendera pataka Siraja Oloan kepada Ketua Harian Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar Periode 2022-2025 Toga Sehat Sihite yang baru dilantik.

Ketua Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar Toga Sehat Sihite dalam sambutannya mengatakan, yel-yel Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar adalah Sahata Saoloan, Maju Bersama, yang artinya dapat maju bersama, terutama dalam mengembangkan organisasi Generasi Muda Siraja Oloan di Kota Pematang Siantar.

"Kami minta kepada orang tua kami agar sudi kiranya mau membimbing dan membina kami untuk memajukan organisasi ini, baik orang tua kami yang ada di provinsi maupun di pusat, terutama orang tua kami yang ada di Kota Pematang Siantar," katanya.

Toga juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP Keluarga Pomparan Siraja Oloan Indonesia Brigjen (Purn) Tarida Sinambela dan seluruh Dewan Penasehat, dan Dewan Pembina. Diharapkan Generasi Muda Siraja Oloan di Kota Pematang Siantar dapat semakin berkembang dan bersatu, baik dalam suka maupun duka ataupun di bidang-bidang lainnya. Sebab Generasi Muda Siraja Oloan murni untuk sosial dan adat serta tidak ada unsur yang lain.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Keluarga Pomparan Siraja Oloan Indonesia Brigjen (Purn) Tarida Sinambela mengucapkan selamat kepada Pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar yang baru dilantik. Semoga pengurus semakin kompak dan solid, harus bekerja keras secara nyata, serta berkarya dan berinovasi untuk kemajuan organisasi Generasi Muda Siraja Oloan.

"Untuk memajukan organisasi ini ke depan, pengurus agar bijak dalam berorganisasi serta dapat merangkul semua pihak, terutama bersinergi dengan pemerintah dalam mendukung program pembangunan di Kota Pematang Siantar yang nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat, terutama di kalangan Pomparan Siraja Oloan Kota Pematang Siantar," sebutnya.

Sedangkan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kabag Tata Pemerintahan Robert Sitanggang SSTP menyatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar berkeyakinan acara pelantikan Generasi Muda Siraja Oloan menjadi salah satu wadah untuk melestarikan adat-istiadat dan budaya Batak, dengan saling peduli, bekerja sama, dan saling mengayomi.

Pomparan Siraja Oloan yang terdiri dari enam marga batak, yakni Naibaho, Sihotang, Bakkara, Sinambela, Sihite, dan Simanullang, termasuk generasi mudanya, diharapkan dapat berbaur bersama warga lainnya. Tentunya dengan tetap mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Dikatakannya, keberadaan suku dan banyaknya marga Batak di Kota Pematang Siantar, harus bisa dijadikan sebagai suatu kekuatan untuk menghadapi perkembangan, transformasi, dan adaptasi terhadap kemajuan zaman.

Di era keterbukaan sekarang ini, lanjutnya, peran generasi muda begitu strategis dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Peran tersebut bisa dilakukan antara lain dengan mendukung transformasi pengetahuan, teknologi, serta pola pikir yang sesuai dengan nilai-nilai budaya dan religi, sehingga generasi muda mampu berkompetisi di era globalisasi ini.

Untuk mendorong daya berkompetisi tersebut, katanya, generasi muda membutuhkan wadah agar bisa mengaktualisasikan diri dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Dengan berorganisasi, generasi muda juga dapat menyumbangkan pemikiran untuk membangun daerah sebab membangun daerah bukanlah tanggung jawab pemerintah semata.

"Pembangunan membutuhkan sinergi dan keterlibatan semua pihak, termasuk peran generasi muda sebagai penggerak. Oleh karena itu generasi muda dituntut untuk dapat menyatukan langkah, sehingga pemikiran dan ide-ide brilian dapat tertampung dalam sebuah ikatan yang kuat," tukasnya.

Wali Kota Susanti mengharapkan pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar mampu menjalankan amanah organisasi, juga melaksanakan berbagai program yang disusun bersama dengan penuh dedikasi dan profesional. Sehingga Generasi Muda Siraja Oloan akan semakin besar dan menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat

"Kami dari Pemerintah Kota Pematang Siantar menyampaikan harapan yang besar kepada Generasi Muda Siraja Oloan agar bisa memberikan peran nyata untuk dapat berbuat lebih baik di tengah-tengah masyarakat Kota Pematang Siantar yang penuh warna perbedaan, baik perbedaan suku, agama, ras, dan latar belakang sosial lainnya," tandasnya.

Ke depan, Generasi Muda Siraja Oloan diminta bisa berbuat lebih banyak, seperti turut terlibat dalam urusan sosial dan berpartisipasi di bidang lainnya. Karena peran dan eksistensi generasi muda sangat dibutuhkan oleh Pemko Pematang Siantar, khususnya dalam pembinaan masyarakat melalui pemikiran dan karakter yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya, termasuk suku Batak.

Tak lupa, Wali Kota Susanti juga mengajak Generasi Muda Siraja Oloan untuk bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi, serta memberikan dukungan dalam program pembangunan Pemko Pematang Siantar, khususnya yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Dengan demikian akan dapat mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematang Siantar Bangkit dan Maju.

Ketua Penasehat Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar H Mariaman Naibaho SH mengucapkan terima kasih atas terbentuk dan dilantiknya Pengurus Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar.

Berdirinya organisasi tersebut, katanya, atas kerinduan untuk bersatu. Ke depannya, Generasi Muda Siraja Oloan diharapkan dapat mempertahankan adat dan budaya Batak, serta enghindari perkawinan satu marga, dan melalui organisasi ini juga dapat membentuk generasi muda menjadi SDM yang unggul.

Acara dirangkai pemberian cenderamata berupa Ulos kepada Wali Kota Pematang Siantar yang diterima Kabag Tata Pemerintahan Robert Sitanggang SSTP, dari Ketua Harian Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar, didampingi para pengurus lainnya. Juga pemberian cenderamata kepada anak-anak Generasi Muda Siraja Oloan Kota Pematang Siantar berupa alat tulis.

Turut hadir, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Pematang Siantar dan mewakili Ketua Pengadilan Negeri Kota Pematang Siantar. (*)