Perluas Transaksi Digital, BI Kerjasama ke Pemkab Simalungun

News

by Patiar Manurung

Perluas Transaksi Digital, BI Kerjasama ke Pemkab Simalungun

Simalungun - Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Abdul Haris melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun, Esron Sinaga, Kamis (7/10/2021).

Pada pertemuan tersebut, Abdul Haris meminta kepada Esron Sinaga agar pemerintahan Radiapoh Hasiholan Sinaga membantu BI untuk melaksanakan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Dalam kesempatan ini juga BI Pematangsiantar memberikan beberapa masukan terkait perluasan kanal pembayaran dengan menggunakan QRIS untuk pajak dan retribusi.

Kedua, perlunya peran aktif Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu pembentukan TP2DD harus segera dilakukan agar koordinasi dan program kerja dapat termonitor dengan baik.

Dalam mendorong pengembangan potensi pariwisata di Simalungun, kata Haris, saat ini KPBI Pematangsiantar telah melakukan berbagai program di Kabupaten Simalungun, antara lain pengembangan Desa wisata Sait Buttu, penyaluran Program Sosial Bank Indonesia, sosialisasi dan edukasi Sistem Pembayaran Digital kepada Pengusaha Hotel dan Restoran, termasuk pemberdayaan UMKM.

Dari pertemuan ini, Sekda sepakat untuk meningdak lanjuti apa yang disampaikan Deputi BI, hal itu ditandatangani dengan penandatanganan draft TP2DD yang dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus sekaligus dirangkai dengan penyerahan PSBI.

Sekda juga berjanji akan terus mendorong percepatan ETPD dan terus bersinergi dengan Bank Indonesia, serta mendukung program-program yang diinisiasi oleh Bank Indonesia.