Petugas BPJS SATU! Selalu Siap Layani Peserta JKN

By Redaksi - Wednesday, 30 November 2022
Foto
Foto

Pematangsiantar - Sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus mengembangkan berbagai kemudahan. 

Salah satu langkah yang diterapkan adalah menghadirkan petugas BPJS Kesehatan Siap Membantu (BPJS SATU!) untuk membantu peserta JKN di rumah sakit. 

BPJS SATU! merupakan program optimalisasi peran petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Maulina Hutajulu mengungkapkan bahwa petugas BPJS SATU! selalu siap melayani peserta JKN secara tatap muka ataupun tanpa tatap muka demi menjawab kebutuhan peserta. 

Maulina menjelaskan bahwa upaya maksimal terus dilakukan demi mencapai kepuasan peserta dengan intens melakukan sinergi dan koordinasi dengan petugas PIPP di rumah sakit.

“Jadi jika peserta Program JKN yang berobat di rumah sakit butuh informasi terkait Program JKN atau ada keluhan atas pelayanan yang diterima selama dalam pengobatan, maka peserta dapat menemui atau menghubungi petugas BPJS SATU!. Nanti petugas BPJS SATU! akan hadir memberikan penjelasan atau informasi-informasi tentang JKN maupun membantu menyelesaikan keluhan peserta,” ujar Maulina pada Selasa (22/11).

Maulina mengungkapkan bahwa dengan dikembangkannya BPJS SATU!, maka peserta Program JKN tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan. Hal ini dikarenakan informasi yang dibutuhkan peserta bisa diperoleh melalui petugas BPJS SATU!, atau kendala yang dialami saat menjalani pengobatan bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS SATU! sehingga peserta menjadi lebih mudah untuk mendapatkan informasi, serta menghemat waktu dan biaya.

Sementara itu, salah satu peserta JKN asal Kota Sibolga bernama Herman Hutabarat mengungkapkan bahwa ia merasa senang dengan kehadiran Petugas BPJS SATU!. Menurutnya hal ini sangat membantu peserta dan berdampak positif terhadap pelayanan yang diberikan. Herman pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk pihak fasilitas kesehatan yang telah berperan aktif memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta Program JKN.

“Biasanya peserta merasa bingung kalau butuh infomasi di rumah sakit, atau ketika ada keluhan merasa bingung akan disampaikan kemana. Jadi dengan adanya BPJS SATU! ini saya rasa akan sangat bermanfaat. Jelas tempatnya kalau butuh informasi bisa diperoleh di mana, atau kalau mau menyampaikan keluhan disampaikan ke mana, apalagi petugasnya mengenakan rompi kuning yang mudah terlihat dan dikenali,” ujar Herman yang ditemui saat menemani anaknya yang dirawat di Rumah Sakit Kota Pematangsiantar.

Kategori