Pulang Kerja Tengah Malam, Pria Ini Temukan Bayi

By Redaksi - Tuesday, 01 November 2022
Foto
Foto

Pematangsiantar - Pulang dari tempat pekerjaan, seorang pria warga Jalan Mawar, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar menemukan bayi mungil di halaman rumahnya terbungkus kain dalam kotak dus beskuit, Sabtu (29/10/2022) tengah malam.

Sebelum bayi seberat 2,6 kg tersebut ditemukan, pemilik rumah, Zuhra (31) mendengar ada orang yang mengetuk pintu rumahnya sebanyak dua kali. Namun ia kaget dengan ketukan pintu tersebut sehingga Zuhra mengabaikannya. Berselang beberapa detik kemudian orang yang di depan rumahnya langsung pergi dengan mengendarai sepeda motor.

“Pokoknya ada kedengaran suara kereta (sepeda motor). Keretanya matik. Baru ada ketukan ke pintu dua kali dan manggil ‘kak’ gitu. Baru dia jalan ke samping. Setelah meletakkan sesuatu baru pergi,” ujar Zuhra, Senin (31/10/2022).

Zuhra sendiri batu mengetahui isi kotak dua tersebut setelah suaminya pulang dari tempat kerjaannya. “Terus dia (suami) buka pintu dan nanya apa itu? Ternyata bayi,” cerita Zuhra yang baru tinggal sebulan di rumah tersebut.

Kabar penemuan sosok bayi ini langsung tersiar di sejumlah warga sekitar yang masih terjaga dan kemudian memberitahukan kepada Nasaruddin selaku RT 01/03 Kelurahan Simarito.

Ketua RT, Nasaruddin yang ditemui di rumahnya mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah maupun kepolisian Polres Pematangsiantar. Lebih lanjut mengenai status asuh bayi masih menunggu rekomendasi pemerintah.

“Untuk selanjutnya kita tunggu rekomendasi dari pemerintah seperti apa. Karena memang, andaikan bayi ini diasuh oleh orang lain, tentunya harus melalui asesmen terhadap latar belakang orang tua sambungnya,” kata RT.

Menurut Nasaruddin, kondisi bayi saat ini sehat wal afiat. Saat ditemukan pertama kali, kepala bayi masih berlendir dan tali pusat masih panjang.

“Kondisi bayi normal. Cuma tali pusatnya belum terpotong seperti bayi yang lahir dan dirawat baik,” kata Nasaruddin sembari membenarkan bahwa bayi tersebut mereka rawat.