Puluhan Bangunan Hangus Terbakar di Pasar Siborongborong

By Redaksi - Wednesday, 22 September 2021
Foto istimewa
Foto istimewa

Taput - Puluhan unit bangunan yang terletak di Jalan Patuan Nagari, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) atau dibelakang terminal terbakar, Rabu (22/9/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

Menurut warga, api sangat cepat melalap bangunan. Sebab materialnya masih banyak terbuat dari papan tua dan saat kejadian kondisi cuaca terik. Warga sekitar pun tidak bisa berbuat banyak karena kobaran api cukup besar.

Pada saat kejadian, warga menyampaikan informasi musibah itu kepada pemerintah dengan harapan Pemadam Kebakaran (Damkar) segera datang. Namun harapan itu tak terjawab hingga 6 unit rumah ludes.

Warga di lokasi mengatakan, lambatnya kedatangan Damkar Pemkab Taput menambah jumlah bangunan terbakar, termasuk sejumlah kios yang ada di pasar. "Cukup lama tiba Damkar makanya api menjalar ke bangunan yang lain," kata A Siahaan.

Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, kebakaran tidak menimbulkan korban jiwa tetapi kerugian diperkirakan miliaran rupiah. Sebab, para korban tidak sempat menyelamatkan barang berharga.

"Tidak tahu apa kerjaan Damkar ini. Selalu datang lama, sampai hangus dulu bangunan baru datang," kata B Siahaan mengeluhkan kinerja Pemkab Taput dalam penanganan kebakaran.

Sejauh ini api sudah padam, para korban mulai melihat kondisi rumah tinggal dan kios. Sebagian berusaha mencari barang berharga. Polisi pun sudah turun ke lokasi guna melakukan pengamanan objek demi kebutuhan penyelidikan. 


Sementara penyebab kebakaran masih belum diketahui pasti. Dugaan karena hubungan pendek arus listrik.