Rayakan HUT RI ke 76, PAC PP Siantar Barat Berbagi Ribuan Sembako

By Redaksi - Wednesday, 18 August 2021

Pematangsiantar - Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76, tepatnya pada Selasa 17 Agustus 2021 ini, merupakan tahun kedua perayaan di tengah kondisi pandemi Covid-19. Segala jenis kegiatan dilaksanakan wajib dengan protokol kesehatan.

Biasanya perayaan HUT RI identik dengan beragam perlombaan yang menghibur. Kali ini tidak bisa karena Covid-19. Namun, tanpa perlombaan seperti panjang pinang, semangat kemerdekaan tetap berkobar bagi umumnya masyarakat Indonesia. Sejumlah warga mengisi perayaan ini dengan bakti sosial. Salah satunya adalah Pengurus Anak Cabang Pemuda Pancasila(PAC PP) Siantar Barat.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan antara lain, membersihkan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Jalan Pane dan di Jalan Bangau. Kemudian membagikan sembako kepada masyarakat. Semua aktivitas ini dipimpin langsung Andika Prayogi Sinaga selaku ketua PAC PP Siantar Barat.

Sembako berupa beras, gula, minyak goreng dengan total berkisar 1000 paket dibagikan langsung dengan cara mendatangi rumah-rumah warga. Hal ini dikerjakan Prayogi Sinaga bersama penasehat PAC PP Siantar Barat yaitu ibu kandungnya, Lilis Suryani Daulay guna menghindari kerumunan.

Pada kesempatan ini secara khusus turut hadir Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf. Roly Sohuoka S.I.P. untuk melakukan pembagian sembako ke posko Covid-19 Kodim 0207/Simalungun yang ada di jalan Diponegoro. 

Andika Prayogi Sinaga yang juga tercatat sebagai ketua Komisi I DPRD Pematangsiantar itu menjelaskan, semangat membagikan sembako merupakan bentuk empati kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Siantar Barat yang terdampak akibat pemberlakukan PPKM.

" Dalam kerja bakti di sejumlah TPU tadi dihadiri seluruh pengurus PAC PP Siantar Barat, pengurus Karate Kala Hitam Indonesia, beserta seluruh pengurus ranting se kecamatan Siantar Barat" katanya saat sembari membagikan sembako didampingi Danramil Kapten (Inf) Suheri.

Pada kesempatan itu, Danramil Kapten (Inf) Suheri berharap pemberian bantuan di tengah PPKM level 4 , yang membuat kegiatan terbatas, dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

Sementara Lilis Suryani Daulay mengaku sangat prihatin melihat kesulitan yang dirasakan sejumlah warga. Bahkan ada warga di PHK karena pandemi merusak ekonomi perusahaan tempatnya bekerja. " Pemberian sembako ini semoga bermanfaat bagi bapak/ibu, semoga kita sehat selalu dalam menjalankan aktivitas" kata Lilis sembari tak kuasa manahan air matanya.