RHS Bangun Kawasan Industri Siap Menampung 13 Ribu Pekerja

By Redaksi - Thursday, 13 May 2021

Simalungun, Kabarnas.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga akan menjadikan lahan seluas 200 hektar yang ada di Jalan Medan, Kecamatan Tapian Dolok sebagai kawasan industri yang mampu menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 600 miliar dalam setahun.

Namun dalam pembangunan ini, Radiapoh Sinaga akan terlebih dahulu membahas peruntukan lahan itu atau Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). "Saya kira ini tidak membutuhkan waktu lama," katanya, Kamis (13/5/2021).

Bupati yang akrab disapa dengan RHS itu, sadar bahwa untuk membangun kawasan industri tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun langkah ke sana sudah dipersiapkan, salah satunya membangun komunikasi dengan Kementerian Perdagangan.

Menurut RHS, kawasan ini menjadi kawasan industri menengah ke bawah. Sementara biaya kepemilikan gedung maupun lahan bagi investor akan dipermudah semakmasimal mungkin tanpa mengabaikan dampak lingkungan.

"Jadi pemerintah menyiapkan fasilitasnya. Semuanya harus serba bagus supaya bisa merangsang investor. Sejauh ini sudah banyak yang ingin berinvestasi. Tapi orang lokal. Kita ingin ada orang luar datang biar pembangunan berjalan cepat," ujarnya.

"Saya kira kita dapat sekitar Rp 600 miliar di tahun ketiga ketika ini saya promosikan ke Medan, Jakarta maupun kota-kota lainnya," katanya dengan yakin bahwa program ini akan berjalan sukses karena tertopang dengan kehadiran jalan tol yang jarak pintunya ke kawasan ini hanya 2,5 kilometer.

Ia yakin kawasan ini mampu menampung sekitar 13 ribu tenaga kerja dan tentunya warga Simalungun tidak perlu lagi berangkat ke luar daerah hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Kategori