RHS Siap Beri Hadiah Bagi Pemberi Informasi Soal Pungli di Simalungun

News

by Patiar Manurung

RHS Siap Beri Hadiah Bagi Pemberi Informasi Soal Pungli di Simalungun

Simalungun, Kabarnas.com - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga siap menjalankan pemerintahan yang transparansi dan bebas pungutan liar (Pungli). Guna mendukung semangat itu, pria yang akrab disapa RHS itu mengaku sudah berkoordinasi dengan Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Simanjuntak.

Langkah lain yang ingin dikerjakan adalah, memberikan hadiah kepada tiap orang yang mampu memberikan informasi akurat atas tindakan oknum pejabat atau pegawai yang melakukan pungli. 

RHS berjanji data dari siapa pun akan diserahkannya langsung kepada Aparat Penegak Hukum (APH) tanpa membocorkan pemberi informasi. 

Ia pun sudah merencanakan merangkul jurnalis guna mendapatkan informasi atas masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

RHS juga mengaku akan menempatkan pejabat sesuai dengan kemampuan kerja. Ia sendiri siap merangkul seluruh pegawai yang menjabat di masa pemerintahan JR Saragih. Syarat utamanya adalah mampu bekerja semaksimal mungkin.

Bukan hanya membersihkan pungli, RHS turut mikirkan cara memberantas narkoba. Konsepnya sama, yaitu memberikan hadiah kepada pribadi yang siap memberi data. Nilai hadiah berupa uang terkait informasi terhadap seorang penggedar dengan pemakai narkoba pun dibedakan.

"Supaya Simalungun ini benar-benar bersih dari narkoba," katanya kepada sejumlah jurnalis dalam acara silaturahmi, Selasa (11/5/2021) di rumah pribadinya, Jalan Surung Dayung, Nagori Pematang, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Ia mengaku kehadirannya ke Kabupaten Simalungun bekerja dengan tulus dan murni ingin membawa perubaha. Harapannya kedepan adalah daerah ini salah satu barometer untuk kemajuan Indonesia.