Saat Hani, BNN Simalungun Resmikan 2 Desa Bersih Nakorba

By Redaksi - Wednesday, 26 June 2024
Peringatan Hani disertai dengan peresmian Posko Desa Bersih Nakorba
Peringatan Hani disertai dengan peresmian Posko Desa Bersih Nakorba

Simalungun - Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) diperingati pada tanggal 26 Juni setiap tahunnya. Peringatan ini sebagai bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika. Hani diputuskan Majelis Umum PBB pada tanggal 7 Desember 1987 melalui Resolusi 42/211.

Kepala BNN Kabupaten Simalungun AKBP Suhanna Sinaga melaksanakan peringatan Hani di Kecamatan Tanah Jawa, tepatnya di Nagori Muara Mulia, dirangkai dengan peresmian dua Desa Bersinar (Bersih Narkoba), yakni Buntu Turunan Kecamatan Hatonduhan dan Tanjung Pasir Kecamatan Tanah Jawa. Masing-masing desa diisi 30 relawan anti narkoba yang akan mendapat pembinaan dari BNN Kabupaten Simalungun.

Peresmian Desa Bersinar ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Kepala BNN Kabupaten Simalungun AKBP Suhanna Sinaga bersama Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang wakili Kadis Kesbangpol Arifin Nainggolan.

Keduanya menandatangani kesepakatan tersebut yang disaksikan oleh Sejumlah Petinggi lainnya, Kapolres Simalungun diwakilkan Kapolsek Tanah Jawa Kompol Asmon Bufitra, Dandim 02/07 melalui Danramil 10 Tanah Jawa Kapten J. Sinaga, Kelapa Kelas IIA Pematang Siantar, Kejaksaan, Ketua DPRD Simalungun, Imigrasi, Camat Hatonduhan, Camat Tanah Jawa dan Pangulu Buntu Turunan Roberton Nainggolan SE, Pangulu Nagori Tanjung Pasir Safrizal Butar-Butar serta beberapa tamu penting lainnya.

Pembacaan nota kesepakatan dibacakan Kepala BNN Kabupaten Simalungun yang diikuti seluruh relawan anti narkoba di dua Nagori. Dan kemudian pemukulan gong yang dilaksanakan oleh Kadis Kesbangpol Arifin Nainggolan tanda pelaksanaan Desa Bersinar.

AKBP Suhanna Sinaga pada kesempatan tersebut mengatakan, “Tema Hani tahun 2024 ini adalah “Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar”. 

"Tema ini dipilih dengan harapan dapat mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk bergerak melakukan aksi nyata dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba," jelasnya, Rabu (26/6/24).

Lebih jauh AKBP Suhana Sinaga mengatakan, peringatan Hani diharapkan dapat menggerakkan dan mendorong semua lapisan masyarakat sekaligus membangun solidaritas dalam rangka mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang masih menjadi ancaman kehidupan manusia secara global. 

Selain itu peringatan Hani juga menjadi momentum kampanye secara masif Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di seluruh pelosok tanah air yang bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian seluruh masyarakat dalam rangka mewujudkan Masyarakat Indonesia Sehat Tanpa Narkoba dengan membentuk Desa Bersih Narkoba.

Sementara Kadis Kesbangpol Arifin Nainggolan yang mewakili Bupati Simalungun, mengatakan bahwa Pemkab Simalungun sangat mendukung Program Desa Bersinar.

"Dengan adanya Desa Bersih Narkoba kita semua berharap peredaran narkoba dan pelaku kejahatan penyalahgunaan narkoba dapat diminimalisir atau bahkan bisa hilang, sehingga generasi anak muda dapat menatap masa depan tanpa narkoba," jelasnya.

Selanjutnya acara peringatan Hani dilanjutkan dengan melihat langsung Posko Relawan Anti Narkoba yang ada di Nagori Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Jawa, di posko tersebut Kepala BNNK Kabupaten Simalungun menjelaskan seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh seluruh relawan dan BNN melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Kepala BNNK Kabupaten Simalungun AKBP Suhana Sinaga juga memberikan cenderamata kepada Distrik II Perkebunan PTPN IV sebagai bentuk penghargaan atas kerjasama yang terbangun selama ini. (Nimrod)