Sah! Pdt Firman Sibarani Terpilih Jadi Ephorus HKI

By Redaksi - Sunday, 28 March 2021
Ephorus HKI
Ephorus HKI

Pematangsiantar, kabarnas.com - Setelah melakukan pemilihan dengan cara "manjomput nasinurat" atau pengundian secara langsung, Pdt Firman Sibarani MTh terpilih menjadi Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI) untuk masa jabatan periode 2021-2026 (sesuai keputusan rapat pendeta). Sementara Sekretaris Jenderal (Sekjen), Pdt Hotman Hutasoit MTh.

Pemilihan pucuk pimpinan HKI tersebut dilaksanakan, Sabtu (27/3/2021) sekitar pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB di gedung gereja Kantor Pusat HKI, Jalan Malanthon Siregar, Kota Pematangsiantar.

Sebelum diundi, panitia terlebih dahulu menyediakan 9 botol plastik untuk calon ephorus dan 9 botol plastik untuk calon sekretaris jenderal, lalu tiap botol diisi dengan satu kertas. Kemudian panitia memasukkannya ke kotak undian ephorus dan kotak undian sekretaris secara terpisah.

Sementara dari 9 botol plastik tersebut hanya satu yang berisikan "au do ephorus na tarpilih dan au do sekretaris jenderal na tarpilih" (saya lah ephorus yang terpilih dan sekretaris yang terpilih). Botol plastik lainnya hanya berisikan kertas yang berstempel HKI.

Bagi calon ephorus dan calon sekretaris yang mendapatkan botol plastik bertuliskan "saya terpilih" adalah menjadi orang yang sah menjadi pucuk pimpinan lima tahun ke depan. Dalam pemahaman HKI sendiri, pucuk pimpinan yang terpilih adalah pilihan Tuhan.

Ada pun sebelumnya calon Ephorus HKI di sinode godang ke-63 ini antara lain, Pdt DR Batara Sihombing MTh, Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM dan Pdt Firman Sibarani MTh. Sedangkan tiga calon Sekretaris HKI, Pdt Hotman Hutasoit MTh, Pdt Dr Tony Hutagalung dan Pdt Salome Nainggolan STh MM.

Sebelumnya, Pdt Firman Sibarani MTh mengatakan, visi kedepannya adalah menjadikan HKI yang kuat iman, misioner, modren dan dedikatif. Ia ingin memperlengkapi tenaga pelayan HKI yang misioner, berdedikasi. "Dan mau berkorban membangun jemaat dan berbakti kepada negara," kata pria kelahiran Banbam, Sergai di tahun 1963 tersebut.

Hal lain yang akan dilakukan adalah percepatan pembangunan kantor pusat HKI dan memberdayakan para sekolah tinggi theologia sebagai persemayan yang baik dan menjadikan HKI lebih berdampak bagi negara.

Diujung acara sinode ini adalah pelantikan pucuk pimpinan HKI terbaru, Minggu (28/3/2021) mulai pukul 9.00 WIB di Kantor Pusat HKI.


Kategori