Sarana Olahraga Stadion Sangnaualuh Dialihfungsikan Tempat Nyabu

News

by Patiar Manurung

Sarana Olahraga Stadion Sangnaualuh Dialihfungsikan Tempat Nyabu

Pematangsiantar, Kabarnas.com - Gedung Stadion Sangnaualuh yang ada di Jalan KS Tubun, Kelurahan Suka Dame, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar terus megalami kerusakan setelah proses pembangunan terbengkalai kurung waktu 1,5 tahun. Gedung yang telah menghabiskan uang negara miliar rupiah mirip bangunan tua walau belum pernah difungsikan pascapembangunan.

Adapun kerusakan stadion seperti kaca pecah, jendela hilang, atap hilang, beberapa baris tribun penonton hilang, toilet rusak dan tampak coretan dimana-mana. Warga sekitar menilai bahwa ada tangan-tangan yang merusaknya bahkan lokasi itu justru difungsikan untuk nyabu atau mengkonsumsi narkoba karena di sana ditemukan bong, pipet, dan korek api.

Kepala Lingkungan (Kepling) setempat, Hottua Simbolon mengatakan, pada pekan lalu ia sempat menangkap seorang pemuda yang telah mencuri beberapa bongkahan besi dan menyerahkannya ke Polsek Siantar Utara. Ia mengaku kasus yang sama sering terjadi di Stadion.

"Kalau kita ya mana sanggup menjaga itu (stadion). Lagipula sudah dekat dengan Detasemen Brimob pun, masih aja tetap ada yang mau mencuri," ujar Hottua dengan menambahkan harapannya agar Pemko Pematangsiantar segera melanjutkan pembangunan dengan konsep yang terarah.

Ia mengaku sudah menyampaikan kondisi stadion yang mulai dirusak dan menjadi tempat yang meresahkan warga ini ke Kelurahan Suka Dame dan Kecamatan. Namun belum ada jawaban apa-apa. "Udah kita sampaikan ke kelurahan dan diteruskan ke kecamatan. Tapi ya gitu," kata Hottua.