Sempat Panik Kena Stroke, Umi Masuk IGD Hanya Bermodal KTP

By Redaksi - Monday, 17 October 2022
Foto
Foto

Pematangsiantar - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah berjalan selama enam tahun telah nyata memberikan manfaat yang besar kepada jutaan masyarakat. Baik bagi yang mendapatkan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). 

Umi Kalsum (59) merupakan salah seorang dari jutaan peserta Program JKN yang merasakan manfaat program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan ini.

“Kalau saya sudah lama jadi peserta JKN. Namanya juga pensiunan PNS. Kalau dulu namanya Askes, kalau sekarang BPJS Kesehatan. Sama saja, malah semakin baik kalau menurut saya,” ungkap pensiunan PNS Daerah Kota Pematang Siantar ini saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar pada Selasa (17/10/2022).

Umi mengatakan, kalau dihitung-hitung sudah banyak sekali kebaikan yang dirinya terima dari Program JKN. Bukan hanya kemudahannya, tapi juga iurannya. 

Baginya, iuran JKN cukup ramah bagi kantong kebanyakan orang, baik yang berstatus PNS, maupun yang terdaftar sebagai peserta Program JKN mandiri yang iurannya dibayarkan sendiri. Terlebih, kehadiran Program JKN ini telah dianggap sebagai penolong bagi semua pesertanya.

“Saya kena stroke ringan. Kondisinya saat itu sudah malam, makanya semua keluarga sempat panik dan tidak tahu lagi harus bagaimana. Akhirnya saya langsung dilarikan ke IGD Rumah Sakit Vita Insani Pematang Siantar, dengan hanya bermodalkan KTP saja," ujarnya.

Sesampainya di sana, ia segera mendapat pertolongan pertama dari tim medis yang bertugas. Setelah kondisi stabil, ia dibawa ke ruang perawatan. Tidak lama-lama prosesnya. Ruang perawatannya sudah disiapkan di kelas satu dengan baik.

Umi juga mengungkapkan bahwa keluarganya merasa berterima kasih karena sangat terbantu dengan Program JKN. Kini kondisi Umi sudah terlihat membaik, wajahnya sudah segar dan sudah bisa diajak berkomunikasi dengan lancar.

“Walaupun masih harus dibantu, tapi untuk aktivitas sederhana sehari-hari sudah bisa sendiri pelan-pelan. Kalau kemarin bergerak saja tidak bisa, sekarang sudah bisa digerakkan. Yang penting kita harus semangat untuk sembuh. Saya bersyukur sekali semua pelayanan yang saya terima aman dan nyaman," jelasnya.

Disampaikannya, ia dilayani baik, ada perawat dan petugas administrasi yang membantu menguruskan semua hal-hal yang diperlukan tanpa biaya sepeser pun yang harus dikeluarkan untuk biaya pengobatan. Mulai dari obat-obatan, makanan, ruangan, jasa dokter, semuanya sudah dibayarkan lunas hanya dengan JKN. Sungguh melegakan, terima kasih BPJS Kesehatan.

Kategori