SK Pengangkatan Dirut Perumda Tirtauli Perlu Diumumkan

News

by Patiar Manurung

SK Pengangkatan Dirut Perumda Tirtauli Perlu Diumumkan

Pematangsiantar - Plt Wali Kota Pematangsiantar, dr Susanti Dewayani dipastikan telah mengangkat Zulkifli Lubis untuk kembali menjabat sebagai Direktur Utama Perusahaan Daerah (Dirut Perumda) Tirtauli selama 5 tahun ke depan.

Kabag Ekonomi Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar, Hendra Simamora mengatakan Surat Keputusan (SK) jabatan itu sudah diserahkan kepada Zulkifli Lubis. Namun, sejauh ini data mengenai SK tersebut belum dipublikasikan ke publik.

Mengenai SK yang belum terpublikasikan itu menuai tanda tanya di kalangan warga. Salah satu yang mempertanyakan itu adalah Ketua Sumut Watch, Daulat Sihombing. Ia pun menyayangkan cara kerja Pemko Pematangsiantar karena hal ini dianggapnya tidak lazim.

Menurut Daulat Sihombing, masyarakat perlu dan berhak untuk mengetahui siapa pejabat yang dipercaya wali kota sebagai direksi Perumda Tirtauli. Tentu ada manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri.

"Manfaatnya pasti ada. Contohnya, biar masyarakat tahu untuk mendukung keputusan direksi. Ketika masyarakat mendukung Susanti, pastinya dukungan itu terimplementasi lewat para pejabat yang ditetapkan, termasuk dalam hal ini jajaran direksi," terangnya, Rabu (20/7/2022).

Jika SK pengangkatan ini tidak dipublikasikan, tambah Daulat, akan menimbulkan preseden buruk bagi Susanti Dewayani. Jika tidak diumumkan ke publik, masyarakat akan menduga bahwa dalam pengangkatan ini erat kaitannya dengan kepentingan pribadi wali kota itu sendiri, bukan kepentingan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

"Artinya, kalau sempat ditutupi, masyarakat akan berpikir negatif, seolah ada permainan suap atau praktek korupsi. Menurut saya, wajar masyarakat berpikiran negatif karena hakekatnya tidak ada yang perlu ditutupi soal pengangkatan Dirut Perumda Tirtauli tersebut," ujarnya.

Terpisah, Kabag Perekonomian Pemko Pematangsiantar, Hendra Simamora membenarkan soal SK pengangkatan Direksi Perumda Tirtauli yang belum dipublikasikan ke masyarakat. Namun ia berjanji dalam waktu dekat akan mempublikasikannya.

"Ibu kemarin bilang nggak usah melakukan sermonial (pengangkatan). Biar saya (Plt Wali Kota) yang memberikan langsung SK nya," terangnya singkat sembari berjanji akan mempublikasikan SK pengangkatan tersebut.