Tiga Daerah di Sumut Gelar PSU Pilkada, Kapolda Cek Persiapan

News

by Patiar Manurung

Tiga Daerah di Sumut Gelar PSU Pilkada, Kapolda Cek Persiapan

Labuhanbatu, Kabarnas.com - Pemungutan Suara Ulang (PSU) Kepala Daerah (Kada) di tiga daerah yang ada di Sumatera Uatar (Sumut), yaitu Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Mandailing Natal aka digelar pada tanggal 24 April 2021 ini.

Guna memastikan pelaksanaan PSU berjalan baik, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin melaksanakan kunjungan kerja ketiga daerah tersebut dengan terlebih dahuly menyambangi Polres Labuhanbatu dan Kodim 0209/LB.

Selesai dari Polres Labuhanbatu, Kapolda dan Pangdam mengecek kesiapan pengamanan TPS yang melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) salah satunya di TPS 011 Desa Torganda.

Adapun wilayah yang melaksanakan PSU di Kabupaten Labuhanbatu dan Labuhanbatu Selatan terdapat 25 TPS, dengan rincian 9 TPS di Labuhanbatu d 16 TPS di Labuhanbatu Selatan dan di Kabupaten Madina sebanyak 3 TPS.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan kunjungan bertujuan untuk memastikan PSU di Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, dan Madina berjalan aman kondusif.

"Mengantisipasi terjadinya kerusuhan, Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB meninjau langsung pengamanan TPS di sana," katanya, Selasa (20/4).

Hadi mengungkapkan, Polda Sumut juga telah menurunkan personil dari Brimob melaksanakan tugas pengamanan Pemilihan Suara Ulang (PSU) tersebut.

Diketahui, Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumut telah menjadwalkan pelaksanaan PSU di tiga kabupaten akan dilaksanakan 24 April 2021 mendatang.

Hal tersebut merupakan hasil keputasan hasil rapat kordinasi dengan KPU kabupaten/kota. Untuk di Madina ada 3 TPS, Labuhanbatu 9 TPS dan Labuhanbatu Selatan 16 TPS dengan jumlah DPT-nya sudah terdaptar tanggal 9 Desember 2021 kemaren.

Nantinya, sebanyak 3. 718 pemilih yang akan mencoblos pada PSU di 16 TPS Kabupaten Labusel, 3. 185 pemilih di 9 TPS Kabupaten Labuhanbatu dan 1220 pemilih di 3 TPS Kabupaten Madina.