Usai Dilantik, Ephorus HKI Ingin Membina Pelayan Tuhan

By Redaksi - Sunday, 28 March 2021
Ephorus HKI
Ephorus HKI

Pematangsiantar, kabarnas.com - Usai terpilih dengan cara diundi, Pdt Firman Sibarani MTh resmi dilantik menjadi Ephorus Huria Kristen Indonesia (HKI) untuk periode 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di gedung gereja Kantor Pusat HKI, Jalan Malanthon Siregar, Kota Pematangsiantar, Minggu (28/3/2021).

Pada kesempatan yang sama pelantikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) HKI terpilih, Pdt Hotman Hutasoit MTh juga dilaksanakan. Dilanjutkan dengan pelantikan Pdt. Lamsihar O. Siregar, MTh sebagai Ketua Konvent Pendeta dan para pejabat Majelis Pusat, Praeses dan Badan Pemeriksaan Keuangan.

Ephorus yang baru ini dilantik oleh mantan ephorus sebelumnya, yaitu Pdt M Pahala Hutabarat STh MM sedangkan Sekjen HKI dilantik langsung oleh Pdt Firman Sibarani MTh, demikian dengan pejabat-pejabat lainnya.

Ada pun pejabat Majelis Pusat dari unsur pendeta, antara lain, Pdt. Marhasil Hutasoit, MTh, Pdt. Dormen Pasaribu, MTh, Pdt. Mangaliup Simanjuntak, MTh, Pdt. Rosinta Malau, STh, Pdt. Tumiar Lumbantobing, STh, Pdt. Lamsihar O. Siregar, MTh, Pdt. Hugo De Groot Nababan, STh, Pdt. Hasiholan Simangunsong, MM.

Majelis Pusat dari unsur non pendeta, St. Gonti Manalu, St. Robert Sianturi, St. Harry Siagian, St. Karmel Sinaga, St. Husein Manalu, St. Lamhot Hutabarat dan St. Rasman Marbun.

Sementara Praeses yang dilantik adalah Pdt. Rinto P Nainggolan STh, Pdt. Godman Tampubolon, STh, Pdt. Sunggul Manik, MSi, Pdt. Nurdia Hutasoit, STh, Pdt. Uba Manatap Panggabean, STh, Pdt. Abednego Silitonga, MM, Pdt. Happy BK Pakpahan, STh, Pdt. Marudut Lumbangaol, STh, Pdt. Lamsihar Simamora, MTh, Pdt. Bahara Sihombing, MSi, Pdt. Fresly Simamora, MPsi, Pdt. Lamsihar Manalu, STh, Pdt. Saidon Ambarita, STh dan Pdt. Rimhot Simamora, MTh.

Sedangkan untuk Badan Pemeriksa Keuangan Pusat, Drs. Lamhot Hutasoit, Dias Naro Saruksuk, MSi dan Daulat Marroha Nababan, AMd

Pemilihan Ephorus dan Sekjen HKI ini sendiri dilaksanakan dengan cara "manjomput nasinurat" atau pengundian secara langsung, Sabtu (27/3/2021) sekitar pukul 20.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Sebelum diundi, panitia terlebih dahulu menyediakan 9 botol plastik untuk calon ephorus dan 9 botol plastik untuk calon sekjen, lalu tiap botol diisi dengan satu kertas. Kemudian panitia memasukkannya ke kotak undian ephorus dan kotak undian sekretaris secara terpisah.

Sementara dari 9 botol plastik tersebut hanya satu yang berisikan "Ephorus tarpilih dan sekretaris jenderal tarpilih" (ephorus yang terpilih dan sekretaris yang terpilih). Botol plastik lainnya hanya berisikan kertas yang berstempel HKI.

Bagi calon ephorus dan calon sekretaris yang mendapatkan botol plastik bertuliskan "terpilih" adalah orang yang sah menjadi pucuk pimpinan lima tahun ke depan. Dalam pemahaman HKI sendiri, pucuk pimpinan yang terpilih adalah pilihan Tuhan.

Ada pun sebelumnya calon Ephorus HKI di sinode godang ke-63 ini antara lain, Pdt DR Batara Sihombing MTh, Pdt Jansen Simanjuntak MTh MM dan Pdt Firman Sibarani MTh. Sedangkan tiga calon Sekretaris HKI, Pdt Hotman Hutasoit MTh, Pdt Dr Tony Hutagalung dan Pdt Salome Nainggolan STh MM.

Ketua panitia Sinode Godang ke 63 ini, Reinward Simanjuntak didampingi Sekretaris, Astronout Nainggolan berharap pucuk pimpinan yang baru membawa perubahan secepat mungkin sesuai dengan tantangan global dan tantangan masa depan gerej secara khusus HKI.

Sementara Ephorus, Pdt Firman Sibarani mengaku akan melakukan pembinaan pertumbuhan warga jemaat melalui ibadah yang dihidupkan dan disemarakkan. Ia juga akan membekali pelayan Tuhan mulai dari sekolah tinggi theologia hingga kepada para pendeta-pendeta serta praeses.

Kategori