Usai Ikut Pembinaan, Wirausaha Bank Indonesia Siantar Wisuda

News

by Patiar Manurung

Usai Ikut Pembinaan, Wirausaha Bank Indonesia Siantar Wisuda

Pematangsiantar - Kepala Bank Indonesia, Teuku Munandar dan Walikota, dr Susanti menyematkan selendang tanda wisuda kepada sebanyak 26 pelaku UMKM dalam acara wisuda WUBI (Wirausaha Bank Indonesia) Pematangsiantar-Batch II.

Acara yang digelar, Jumat (2/12/2022) di Ruang Serba Guna Lantai V Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik tersebut dihadiri berbagai sejumlah pejabat daru beberapa instansi.

Acara diawali pemutaran video WUBI, laporan Tim Coach Program WUBI oleh Marioto, testimoni dari perwakilan peserta WUBI Batch I Roy. Dilanjutkan dengan prosesi wisuda. Kemudian penyerahan cenderamata produk UMKM binaan KPw BI Pematangsiantar oleh Teuku Munandar kepada dr Susanti.

Sesuai dengan tema yang diangkat, yakni Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Membangun Pemulihan Ekonomi di Tahun 2022, para pelaku UMKM dapat menjadi salah satu motor penggerak roda ekonomi dalam menghadapi tantangan yang berat akibat pandemi dan perang.

Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar mengatakan, pihaknya sengaja mengundang wali kota dan instansi, dan berbagai pihak sebagai bukti dr Susanti tidak sendiri dalam berjuang memajukan ekonomi Pematangsiantar.

"Di sini ada lembaga dari Kementerian Keuangan, PT Pos, PT PLN, dan perbankan. Kami siap mendukung ibu untuk membuat Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," sebut Munandar.

Munandar menegaskan, pada program pembinaan pelaku UMKM lewat program WUBI, BI tidak memberikan bantuan materi berupa uang maupun alat produksi, namun paling utama mengubah mindset para pengusaha.

"Bagaimana mindset kawan-kawan bisa lebih bagus dari yang sebelumnya. Dari yang awalnya tipe Fix Mindset menjadi Grow Mindset yang cenderung positif dan siap menerima masukan, kritik, dan berkembang," paparnya.

Sementara Walikota, dr Susanti mengapresiasi langkah BI karena program WUBI sangat tepat untuk membantu pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan berat, terlebih akibat pandemi Covid-19. Diharapkan, setelah mengikuti Program WUBI, para pelaku UMKM dapat menjadi wirausaha yang lebih baik.

"Saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, terkhusus kepada Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Bapak Teuku Munandar, yang telah mengambil langkah tepat dengan menyelenggarakan program WUBI di tengah tantangan berat yang sedang dihadapi para pelaku UMKM, terlebih akibat pandemi Covid-19," kata dr Susanti.

Diharapkan, dengan diwisudanya 26 peserta program WUBI Tahun 2022 Batch II setelah menjalani program pengembangan kompetensi sejak Maret 2022 lalu, dapat bermetamorfosa menjadi wirausaha yang berkompeten dan profesional, serta mampu menjadi role model

bagi pelaku UMKM lainnya, terutama di wilayah kerja KPw BI Pematangsiantar, yang meliputi Pematangsiantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu utara, Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan, atau yang dikenal dengan sebutan SISI BATAS Labuhan.

Harapan lainnya, para lulusan program WUBI dapat terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif dan digitalisasi.

dr Susanti mengatakan Pemko Pematangsiantar sendiri senantiasa peduli dalam pemberdayaan dan pemberian kesempatan kepada para pelaku UMKM.

"Semoga saudara-saudari semua semakin bersemangat menjalankan usaha setelah mendapatkan berbagai ilmu melalui program ini. UMKM yang maju dan berkembang tentunya akan turut mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas," jelasnya.