Wujudkan Mimpi Alm Asner Silalahi, Anaknya Siap Bantu dr Susanti

By Redaksi - Tuesday, 23 August 2022

Pematangsiantar - dr Susanti Dewayani SpA resmi dilantik Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menjadi Walikota Kota Pematangsiantar yang defenitif. Usai pelantikan digelar syukuran di rumah dinasnya di Jalan M.H Sitorus, Kota Pematangsiantar, Senin (22/8/2022).

Pada acara syukuran itu, Sondi Pittor Manahan Silalahi yaitu anak Alm Asner Silalahi (Pasangan Susanti Dewayani) pada Pilkada 2020, hadir didampingi anggota keluarga lainnya, yakni Bolmen Silalahi dan Benny Marbun. Pada kesempatan ini, Sondi Silalahi diberikan waktu untuk menyampaikan kata sambutan.

Sondi Silalahi pun mengaku dirinya serasa melihat sang ayahnya turut berdiri di samping dr Susanti. "Jadi tadi pagi, ketika melihat ibu dilantik (Gubernur Sumut), saya seperti melihat almarhum bapak di samping ibu berdiri. Saya yakin juga bapak tersenyum melihat ibu hari ini," ujarnya.

Sondi pun mengaku teringat dengan sosok ayahnya yang memiliki cita-cita besar untuk membangun serta memajukan kota ini sehingga masyarakatnya sejahtera. Namun, walau ayahnya telah dipanggil Tuhan setelah berjuang dan menang pada Pilkada 2020 silam, Sondi Silalahi yakin mimpi itu dapat terwujud di tangan dr Susanti Dewayani.

"Semua perjuangan ibu dan bapak seperti ter - flashback (kilas balik) di kepala saya. Semua keringat, semua tawa akhirnya terbayar hari ini, bu. Semoga apa mimpi ibu dan bapak dulu, bisa ibu wujudkan karena saya dan ibu tahu mimpi bapak besar untuk kota ini dan saya yakin ibu bisa mewujudkan mimpi itu," ucapnya disambut tepuk tangan dari tamu undangan.

"Semoga sepanjang perjalanan pemerintah ibu dapat berjalan dengan baik, ibu dapat mensejahterakan dan melayani semua masyarakat Kota Pematangsiantar. Yang terakhir semoga ibu diberikan kesehatan, selalu diberkahi oleh Tuhan yang maha esa dalam memimpin kota ini," ucapnya mengakhiri.

Seusai acara syukuran itu, Sondi ditemui sejumlah wartawan dan mempertanyakan tentang kesiapannya menjadi wakil wali kota. Menurut pengusaha muda ini, niatnya tetap seperti semula. Apa yang dicita-citakan orang tuanya sudah menjadi cita-citanya saat ini.

“Kapanpun dipanggil Ibu Wali untuk membantu dan mengabdi  di Kota Siantar saya siap. Saya tahu niat bapak (Almarhum Asner Silalahi) untuk Siantar begitu besar. Saya berharap bisa mewujudkan niatnya seperti memajukan infrastruktur, ekonomi dan SDM,” kata pria yang menekuni dunia engineer ini.

“Dulu ini mimpi bapak dan sekarang menjadi mimpi saya,” kata Sondi.

Sondi sendiri telah menjalin komunikasi dengan seluruh partai pendukung pasangan Asner Silalahi - Susanti Dewayani pada Pilkada 2020 lalu. Baik di tingkat pusat dan daerah, kata Sondi, semuanya ia harapkan memberikan restu untuknya maju menjadi Calon Wali Kota Pematangsiantar.

“Potensi dukungan itu saya terus rawat dan perjuangkan. Mungkin 70-80 persen dan mudah-mudahan terus meningkat. Kita juga tahu ada kendala-kendala dalam proses. Jadi kita butuh peran-peran dari teman-teman media dan masyarakat” Katanya.

Disinggung terkait kesibukannya saat ini, Sondi sendiri menjalankan beberapa bisnis di Jakarta. Ia juga baru dikaruniai seorang anak dari pernikahannya dengan Karina Siagian.

Perlu diketahui, mekanisme pengisian Wakil Wali Kota Pematangsiantar yang saat ini lowong, akan berlangsung dalam waktu dekat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah yang tercantum dalam Pasal 3 ayat (1) UU Nomor 102 Tahun 2014 Tentang Pengusulan Pengangkatan Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota, bahwa Pengisian Wakil Gubernur, Wakil Bupati, dan Wakil Walikota dilaksanakan paling lambat 1 (satu) bulan setelah pelantikan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Kemudian di dalam Pasal 5 ayat (2) bahwa Bupati dan Wali Kota wajib mengusulkan Wakil Bupati dan Wakil Wali Kota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat paling lambat 15 (lima belas) hari kerja setelah pelantikan Bupati dan Wali Kota.